Kisah Sukses Goh Cheng Liang, Hasilkan $ 2 milyar dari nol.

Bagi kita di Indonesia nama Goh Cheng Liang memang tidak banyak dikenal. Tapi tidak bila Anda bertempat di Singapura. Tokoh ini adalah salah satu figure sukses dengan kisah yang sangat menarik. Dan inilah kisah sukses Goh Cheng Liang.

Kisah Sukses Goh Cheng Liang, Hasilkan $ 2 milyar dari nol.

Berlatar sebagai seorang tak punya yang lahir pada tahun 1928, Goh kecil hidup dari keadaan serba tidak ada hingga Goh tidak pernah mencicipi bangku sekolah. Dia menghidupi dirinya dari berjualan jala ikan di tepi pantai Singapura.

Hingga pada tahun 1949, ketika Inggris melelang beberapa barang sisa perang di Singapura. Goh muda mendapatkan kesempatan memperoleh bahan cat dengan harga ekstra murah. Hanya berbekal buku kimia berbahasa Cina miliknya, Goh berhasil membuat ramuan cat sendiri dengan kualitas baik dan murah. Dari penjualan lokal, Goh muda nekad menawarkan produknya pada pedagang di pelabuhan.

Kenekadannya ini ternyata tidak sia-sia. Produk cat miliknya yang diberi nama Pigeon ini bisa menembus pasar Asia Timur. Tanpa disangka terjadi perang Korea, dan peristiwa ini justru menguntungkan usaha catnya, sebelumnya pasar cat di Asia Timur masih banyak dikuasai pelaku lokal. Tapi dengan matinya usaha cat lokal, maka kesempatan Goh sangat besar mengambil pasar.

Kecemerlangannya dalam memanfaatkan kesempatan membuatnya dilirik pengusaha cat asal Jepang. Terbangunlah kerjasama antara Goh Cheng Liang dan Nippon Paint membentuk company baru bernama Nipsea Management Group.

Meski awalnya Goh hanya memiliki porsi 40 %, tapi lambat laun justru Goh lah motor dari Nipsea. Dengan tetap mempertahankan nama lama Nippon Paint, kini brand cat ternama itu tidak lagi original Jepang, tapi produk asli Singapura.

Pada tahun 1997, Goh resmi memiliki sepenuhnya Nipsea. Goh membuka cabang hingga ke 15 negara, dengan 15 ribu karyawan dan 30 pabrik di seluruh dunia. Omset tahuna Goh dari usaha catnya saja mencapai $ 2.6 milyar.

Goh ternyata tidak pernah berpuas diri, dengan hasil luar biasa dari usaha catnya, Goh malah memberanikan diri masuk pasar lain di Siangpura dan kawasan Asia lain. Property, trade, hotel, teknologi hingga pertambangan , semua dirambahnya dengan sukses.

Nama besar Goh sebagai konglomerasi besar Asia memang tidak terkenal, tapi siapa yang tidak kenal Nippon paint? Inilah kisah sukses seorang pengusaha besar yang berawal dari nol.

Kisah Sukses Goh Cheng Liang, Hasilkan $ 2 milyar dari nol. was last modified: October 7th, 2013 by

Gallery of Kisah Sukses Goh Cheng Liang, Hasilkan $ 2 milyar dari nol.