Kisruh KJS Dijadikan Kesempatan Untuk menggulingkan Jokowi

jokowiBerita terhangat yang saat ini sedang menjadi bahan obrolan banyak orang di Ibukota adalah mengenai kisruh Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang mengancam kedudukan gubernur DKI Jakarta, Jokowidodo.  Kekisruhan ini terjadi diakibatkan mundurnya 16 rumah sakit dari program KJS. Ke-16 rumah sakit ini memilih mundur dikarenakan sistem pembayaran INA CBGs yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan rumah sakit.

Menurut sebuah sumber dijelaskan bahwa Indonesia Case Base Groups atau INA CBGs adalah tarif paket dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) berdasarkan jenis penyakit atau diagnosis dan prosedur pelayanan yang berkaitan dengan mutu serta efektivitas pelayanan. Kebijakan ini juga untuk pengendalian biaya rumah sakit.

Kesempatan ini digunakan oleh para anggota DPRD DKI Jakarta untuk menggunakan hak impeachment atau pemakzulan-nya sebagai bentuk protes dari ketidakmampuan Jokowi dalam mengatasi kebijakan KJS hingga menimbulkan kekisruhan. Mereka mengumpulkan tanda tangga para anggota DPRD yang terdiri dari beberapa fraksi yang ditujukan untuk menyuarakan protesnya.

Dari kacamata orang awam dapat disimpulkan bahwa kasus KJS ini membuktikan bahwa hingga saat ini Jokowi masih belum mendapatkan dukungan dari semua elemen. Terbukti dengan adanya masalah ini, DPRD DKI Jakarta segera mengambil langkah yang terkesan sembrono untuk memakzulkan atau menggulingkan Jokowi.

Padahal sebenarnya jika yang menjadi masalah adalah KJS maka yang harus diselesaikan adalah KJS-nya bukan Jokowinya. DPRD DKI Jakarta terkesan terlalu berani mengambil keputusan seekstrim ini dalam jangka waktu yang sangat singkat. Seharusnya DPRD serta Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta melakukan komunikasi untuk mencari penyelesaian yang tepat terhadap kasus KJS ini. Dalam kasus ini dibutuhkan kerjasama untuk mendapatkan sebuah solusi terbaik agar tidak merugikan rakyat.

Faktanya KJS ini sangat berguna bagi masyarakat. Dengan adanya KJS semakin banyak masyarakat yang datang kerumah sakit untuk menyembuhkan penyakitnya. Namun perlu digaris bawahi, bukan berati KJS  yang menyebabkan masyarakat menjadi sakit tapi karena setelah memiliki KJS masyarakat menjadi berani untuk datang ke rumah sakit untuk menyembuhkan penyakitnya. Sebelumnya banyak masyarakat yang sakit bahkan sampai meninggal karena tidak mendapatkan perawatan medis. Hal ini dikarenakan ketakutan masyarakat akan biaya rumah sakit yang mahal.

Lalu masih perlukan program KJS dihapuskan? Tentu saja tidak karena KJS memang sangat diperlukan oleh masyarakat dan Jokowi tidak salah dalam memilih program ini. Hanya saja diperlukan beberapa perbaikan pada sistemnya agar tidak merugikan pihak-pihak tertentu. Maka dari itu ada baiknya Jokowi serta para anggota DPRD DKI Jakarta secara bersama-sama mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah KJS, Bukan malah menggunakan masalah ini sebagai kesempatan untuk menggulingkan Jokowi.

 

 

Kisruh KJS Dijadikan Kesempatan Untuk menggulingkan Jokowi was last modified: May 27th, 2013 by

Gallery of Kisruh KJS Dijadikan Kesempatan Untuk menggulingkan Jokowi