winner gelumbang
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pendidikan » Kriteria Ketuntasan Siswa (KKM) Masih Banyak yang Hanya Asal Tebak

Kriteria Ketuntasan Siswa (KKM) Masih Banyak yang Hanya Asal Tebak

(6441 Views) May 21, 2013 11:23 pm | Published by | No comment

kkm

Ujian Akhir Semester (UAS) sebentar lagi akan diadakan. Ini tentu menjadi saat – saat yang paling dinantikan oleh para guru dan siswa karena setelah ujian ini akan ada liburan semester yang telah dinanti – nantikan.

Namun, sebelum waktu liburan, tentu para siswa akan menerima laporan hasil belajar yang dikenal dengan rapor. Dalam rapor, kita akan menjumpai adanya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang akan disandingkan dengan nilai yang didapat oleh siswa. Salah satu hal yang menjadi masalah adalah nilai KKM ini ternyata kurang disosialisasikan pada berbagai elemen pendidikan dan hanya sebagian orang saja yang benar – benar memahami KKM. Selain itu banyak juga guru dan kepala sekolah yang masih belum paham dengan KKM, apalagi para orang tua/wali siswa yang tidak tahu menahu.

KKM meupakan acuan dasar dalam menentukan pencapaian belajar siswa. KKM ditetapkan oleh forum MGMP pada awal tahun pelajaran. KKM dinyatakan dalam bilangan bulat dengan rentang antara 0 sampai 100.

KKM dibuat dengan menghitung dan menggunakan rumus tertentu . Nilai tersebut diambil dari penilaian kompleksitas materi, kemampuan siswa, dan daya dukung pembelajaran. Semua diramu dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, sampai KKM mata pelajaran yang tercantum di rapor.

Perhitungan KKM harus benar – benar obyektif sesuai dengan kondisi pembelajaran karena KKM juga berhubungan dengan standar evaluasi yang digunakan sekolah sehingga KKM tidah bisa diperoleh dengan cara ditebak atau sesuai dengan keinginan guru.

KKM yang asal dibuat atau tidak melalui perhitungan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah faktor dari Guru atau Kepala Sekolah yang enggan melakukan proses perhitungan, kedua Kepala Sekolah dan Guru tidak memahami cara menghitung KKM.

Ketika guru tidak paham dengan KKM, maka akan muncul berbagai masalah baru seperti kesalahpahaman terhadap esensi perhitungan KKM dari pihak guru maupun orang tua siswa. Beberapa masalah yang muncul diantaranya adalah banyaknya siswa yang nilainya di bawah KKM, nilai KKM di rapor sama untuk seluruh mata pelajaran, dan menganggap bahwa KKM sama dengan nilai rata – rata.


Kata kunci mesin pencari:

cara menghitung kkm (57), kkm kurikulum 2013 (46), cara menentukan kkm (34), ketuntasan belajar (24), kkm smp (23), Perhitungan KKM (21), cara menghitung kkm smp (21), nilai kkm (19), cara menghitung kkm sd (18), kriteria ketuntasan minimal (18), 

Tags: , , , , ,
Categorised in:

No comment for Kriteria Ketuntasan Siswa (KKM) Masih Banyak yang Hanya Asal Tebak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>