winner gelumbang
Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Kriteria Untuk Menjadi Seorang Guru

Kriteria Untuk Menjadi Seorang Guru

(970 Views) June 12, 2013 12:50 pm | Published by | No comment

Kriteria Untuk Menjadi Seorang Guru

Siapa bilang menjadi guru itu mudah? Menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki bekal pendidikan yang khusus, seorang guru juga harus mampu mengajar dengan hati sehingga proses belajar mengajar bukan hanya sekedar sebagai profesi saja.

Tian Belawati, Rektor UT (Universitas Terbuka) menuturkan bahwa harus ada peningkatan profesionalisme untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia di era yang mengandalkan serba teknologi dan informasi ini.

“Arti dari profesional yakni memerlukan kompetensi. Maka, kalau di dalam Undang-Undang, profesional itu adalah kegiatan atau pekerjaan dalam seseorang. Sifat atau karakteristik dari pekerjaan, oti kriteria profesional semua ada expert-nya sehingga dapat dihasilkan high quality,” ucap Tian dalam acara executive forum di Hotel Crown, Jakarta kemarin (11/6).

Lebih jauh lagi, Tian kemudian menjelaskan kriteria agar seseorang dapat dianggap sebbagai guru yang profesional. Guru profesional harus ahli dan dibayar menggunakan keahlian tunjangan sebagai hak guru.

“Profesional di sini berarti seseorang yang mempunyai kehalian khusus dan dibayar untuk menjalankan suatu pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka mencapai tujuan tertentu,” lanjut Tian.

Sementara itu di lain pihak, Anderson Tanoto dari Tanoto Foundation juga menjeaskan bagaimana cara mengatasi masalah pendidikan karena guru di sana adalah pengajar yang memiliki tanggung jawab untuk hal tersebut.

“Guru untuk memastikan jalan yang benar harus menanamkan rasa profesionalisme kepada para anak didiknya. Namun setiap waktu anak didik berkembang dan sangat berharga, guru – gur juga mengairi pikiran mereka. Pada hari ini kita mengucapkan terima kasih pada guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa,” lanjut Anderson.

Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, namun jika dilihat saat ini memang masih benar – benar ada yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, terutama bagi para guru honorer yang rela digaji sekitar Rp 200 ribu per bulan atau bahkan kurang. Sungguh ironis negeri ini karena guru PNS dan guru honorer menjalankan tugas yang sama tetapi apa yang didapat guru honorer tidak sebanding dengan kerja keras mereka.


Kata kunci mesin pencari:

Kriteria menjadi seorang guru (13), cara menjadi guru (11), syarat menjadi guru (4), syarat jadi guru (3), syarat2 menjadi seorang pendidik profesional (2), persyaratan menjadi seorang guru (2), cara-cara untuk menjadi guru honor (2), kriteria menjadi guru (2), kriteria seorang guru (2), Syarat2 Menjadi guru (1), 

No comment for Kriteria Untuk Menjadi Seorang Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>