Kucing Jantan Belang Telon (Belang Tiga)

indexIstilah kucing belang telon mungkin sudah cukup familiar di telinga para pecinta kucing. Kucing belang telon atau kucing belang tiga merupakan seekor kucing yang memiliki tiga warna pada tubuhnya. Kabarnya keberadaan kucing belang telon kebanyakan berjenis kelamin betina, jumlah kucing belang telon berjenis kelamin jantan sangat jarang bahkan bisa dibilang langka. Menurut beberapa ahli keberadaan kucing jantan belang telon hanya berkisar 1:10.000 maka dari itu banyak orang yang berani menghargai kucing tersebut dengan harga yang sangat tinggi.

Menurut kepercayaan orang-orang terdahulu mitosnya kucing belang telon khususnya jantan memiliki keistimewaan yang tidak di miliki oleh kucing-kucing yang lain. Selain itu kucing jantan belang telon dewasa dianggap memiliki kemampuan untuk menjadi “Raja Kucing”. Kabarnya kucing jantan belang telon juga memiliki kemampuan hipnotis yang tidak dimiliki oleh kucing-kucing lain.

Maka dari itu biasanya ayah dari kucing belang telon akan membunuh anaknya yang memiliki jenis kelamin jantan karena dianggap akan menjadi saingan juga ancaman jika dibiarkan tumbuh dewasa. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kebanyakan kucing belang telon berjenis kelamin betina karena yang berjenis kelamin jantan biasanya mati sebelum tumbuh dewasa.

Namun ternyata alasan yang menyebabkan kelangkaan kucing jantang belang telon dapat pula dijelaskan secara ilmiah. Seekor kucing akan memiliki bulu belang tiga jika ia memiliki sepasang kromosom X plus 1 buah kromosom Y. Pada kasus kucing jantan belang telon, ia mengalami pendistribusian kromosom secara tidak  merata saat proses fertilisasi atau pembuahan. Dengan demikian, berarti kucing tersebut tidak lagi bersifat diploid namun menjadi triploid (XOXoY).

Kelainan hormonal yang terjadi pada kucing jantan belang telon ini akan menyebabkan dirinya mengalami infertilisasi atau kemandulan. Jadi bisa disimpulkan bahwa keberadaan kucing jantan belang telon sebenarnya ada hanya saja jumlahnya sangat langka. Jikalau ada biasanya tidak akan hidup lama karena kucing tersebut memiliki kelainan hormonal. Kalupun bisa hidup hingga dewasa maka kucing tersebut tidak dapat menghasilkan keturunan atau mandul.

Selain karena faktor kelangkaan ternyata kepercayaan atas mitos mengenai kucing belang telon ini cukup kuat. Kucing ini dianggap memiliki kekuatan magis yang dapat membuat sang pemilik dimurahkan rejekinya. Hal ini jugalah yang menyebabkan kucing jantan belang telon menjadi incaran serta dihargai sangat tinggi.

 

 

 

 

 

 

Kucing Jantan Belang Telon (Belang Tiga) was last modified: June 11th, 2013 by

Gallery of Kucing Jantan Belang Telon (Belang Tiga)