Kurikulum 2013: Buku Pelajaran Gratis

buku gratis

Dalam kurikulum 2013 yang akan segera diberlakukan pada tahun ajaran baru mendatang ini, isu yang beredar mengatakan bahwa buku pelajaran untuk siswa akan diperjualkan. Tetapi, hal tersebut langsung dibantah oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pasalnya, rencana – rencana perubahan sistem pendidikan nasiolan tertuang di dalam Kemendiknas.

Pemerintah rencananya akan memotong jumlah mata pelajaran, menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib untuk sisa, mengutamakan pendidikan karakter, dan menggratiskan buku – buku pelajaran.

Kurikulum 2013 rencananya akan diterapkan serentak pada bulan Juli mendatang. Siswa siswi mulai SD, SMP, SMA/SMK akan diberi  buku pelajaran gratis mulai tahun ajaranbaru nanti ketika pergantian kurikulum lama (KTSP) menjadi Kurikulum 2013.

Beredarnya berita tentang buku pelajaran gratis ini tentu menjadi kabar baik bagi para pelajar di Indonesia. Hal tidak hanya akan menenangkan para siswa dalam mengenyam pendidikan tetapi dapat memberi ketenangan pada orangtua siswa karena orangtua juga tidak akan direpotkan untuk membeli buku – buku pelajaran ketika menyekolahkan anaknya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mengatakan bahwa buku – buku pekaran tersebut harus dikirimkan sampai ke sekolah dan tidak hanya sampai ke dinas saja karena menurut Kemendikbud, jika hanya dikirim sampai ke dinas dikhawatirkan ada biaya pengiriman dari dinas sehingga pasti nanti ada biaya tambahan yang ditarik ke murid.

Bila ada biaya tambahan, maka  akan memberatkan orangtua siswa. Dalam pengiriman buku – buku pelajaran tersebut, diharapkan bisa mempermudah tiap sekolah terhadap jumlah siswanya. Pihak percetakan juga harus mengirim buku – buku langsung ke sekolah dengan jumlah buku yang sesuai dengan jumlah siswa di sekolah tersebut sehingga jika ada oknum yang melakukan jual beli buku tersebut, bisa mudah diketahui dan bisa dijerat dengan sanksi hukum oleh Kemendikbud.

Oleh sebab itu, dalam Kurikulum 2013 nanti, Kemendikbud sudah memberi rancangan pemberian buku pelajaran secara gratis supaya siswa tidak dikenakan biaya serta optimis untuk mewujudkan Kurikulum baru yang sesuai dengan Pendidikan di Indonesia. Namun, dalam pelaksanaannya nanti, kurikulum 2013 ini nampaknya akan mengalami banyak hambatan.

Kurikulum 2013: Buku Pelajaran Gratis was last modified: May 15th, 2013 by

Gallery of Kurikulum 2013: Buku Pelajaran Gratis