Langkah Konkret Bagi Bisnis UKM Menjadi Profesional

Pada kesempatan sebelumny saya sudah membahas mengenai prinsip-prinsip dalam menjadikan bisnis UKM sebagai bisnis profesional. Pada kesempatan ini saya akan memberi Anda gambaran mengenai langkah-langkah konkret apa yang perlu Anda lakukan untuk mengubah bisnis UKM menjadi profesional.

langkah konkret bagi bisnis UKM menjadi profesional

Pada dasarnya untuk menjadi profesional, Anda perlu membuat segalanya menjadi resmi, sesuai dengan standar produk dan memiliki sistem yang terkelola dengan baik.  Nah….untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah konkret dari bisnis UKM untuk menjadi profesional.

  1. Daftarkan merek dagang Anda
    Merek dagang, logo dan kemasan Anda adalah identitas produk Anda. Bila tidak dengan segera Anda patenkan, bisa jadi merek dan logo produk Anda dicuri orang dan akhirnya upaya keras Anda dalam menjaga kualitas produk dan usaha keras Anda merebut pasar dinikmati oleh orang lain. Jadi upayakan sesegera mungkin Anda mempatenkan produk.
  2. Daftarkan produk pada BP POM dan Sertifikat halal.
    Untuk semakin mengoptimalkan hasil, Anda perlu juga mendaftarkan produk pada BP POM dan pada MUI. Menyertakan no BP POM depkes dan logo halal akan memberi nilai lebih di mata consumen. Selain ini Anda juga menunjukan kepedulian Anda pada kepentingan konsumen,
  3. Gunakan kemasan yang fungsional
    Bila produk nugget yang Anda jual hanya dikemas dengan mika biasa dengan merek ala kadarnya tentu saja Anda akan terlihat tidak profesional. Karena wadah mika tidak bisa menjaga kualitas produk tetap baik sepenuhnya hingga ke tangan konsumen. Jadi upayakan Anda menganti kemasan dengan wadah yang lebih fungsional baik dalam melindungi produk juga baik secara estetis.
  4. Usaha yang nyata
    Bila Anda sekedar menjual dengan FB Page atau via BBM, maka sepenuhnya Anda hanya mengandalkan pasar online untuk menjual produk. Anda harus menciptakan keyakinan pasar akan kredibilitas Anda. Dan cara paling jitu adalah buat nyata usaha Anda. Buat toko nyata, sertakan alamat resmi Anda pada produk dan kemasan. Biarkan konsumen online Anda bisa melihat langsung usaha Anda ketika bertandang ke kota Anda. Bila perlu lakukan legalitas atas usaha Anda.
Langkah Konkret Bagi Bisnis UKM Menjadi Profesional was last modified: October 2nd, 2013 by

Gallery of Langkah Konkret Bagi Bisnis UKM Menjadi Profesional