Mahasiswa ITS Menciptakan Aplikasi Untuk Mencegah ISPA

ispa

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) adalah salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap enteng. Namun, tiga orang mahasiswa dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya berhasil membuat sistem informasi tentang penyebaran ISPA tersebut.

Ide ini muncul dari Dita Amelia, Ardhiansyah Baskara, dan Whilda Kamila Sari yang akhirnya memutuskan untuk merancang program ARGYS (Acute Respiratory Infection on Geographical Information System). Program ini berupa visualisasi perta penyebaran penyakit ISPA di Jawa Timur. Dengan bantuan ARGYS, petugas dari Dinas Kesehatan bisa memasukkan informasi tentang penyakit ISPA ke dalam sistem. Informasi tersebut bisa berupa penyebab ISPA dan kejadian ISPA.

Ketiga mahasiswa itu menyebutkan bahwa ada 4 faktor yang berpotensi menyebabkan ISPA di Jatim yakni kepadatan hunian, asupan vitamin A, curah hujan, dan polutan. Hal inilah yang selanjutnya menjadi tujuan utama ARGYS.

“Ispa juga dapat beresiko pada kematian. Jumlah korban yang meninggal karena ISPA 15 kali lebih banyak dibandingkan dengan DB (Demam Berdarah). Namun saat ini, DB sudah bisa ditangani secara intensif dan lebih fokus,” ucap Whilda seperti dilansir dari ITS Online (15/6)

Oleh sebab itu, untuk menjadi peringatan dini, aplikasi ARGYS pun bisa diakses oleh masyarakat. Tetapi Whilda lebih lanjut mengatakan bahwa untuk mencapai tujuannya, mereka masih memerlukan kerja sama dengan banyak pihak seperti BMKG. Mereka memerlukan data curah hujan, data polutan, dan informasi penting lainnya dari pihak terkait.

Beruntung, anggota-anggota dari tim tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda sehingga ilmu dari tiap anggota bisa melengkapi satu sama lain. Bersama dengan Dita yang sama – sama berasal dari Jurusan Statistika, Whilda menguji hal – hal yang menyebabkan ISPA dengan menggunakan metode GWR (Geographically Weighted Regression).

Sementara itu, dalam program ini, Ardhiasnya memiliki peranan untuk menyusun aplikasi berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk Argys “Tim kami memang beragam, ada Ardhiansyah yang berasal dari Teknik Informatika. Hal ini pula lah yang menjadi kekuatan dari ide kami,” tutup Whilda.

Mahasiswa ITS Menciptakan Aplikasi Untuk Mencegah ISPA was last modified: June 19th, 2013 by

Gallery of Mahasiswa ITS Menciptakan Aplikasi Untuk Mencegah ISPA