Mahasiswa UGM Buat Kue Dari Bunga Sepatu

Mahasiswa UGM Membuat Kue Dari Bunga Sepatu

Bunga sepatu atau kembang sepatu tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bunga indan yang memiliki warna – warna menarik tersebut biasa digunakan sebagai tanaman untuk pekarangan rumah dan bahkan banyak yang tumbuh liar. Namun, bagaimana jadinya ya jika bunga yang selama ini hanya dianggap sebagai bunga hiasan tersebut dibuat menjadi cookies? Tentu penasaran bukan?

Ya, hal inilah yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dari Farmasi dan Kedokteran UGM Yogyakarta. Inovasi cerdas tersebut lahir dari tangan Dita Hanna, Rizqi Mahanani, Abigail Christine, Masmur Kristi Pamuji, dan Venni Winta Pratiwi. Mereka menggunakan kembang sepatu sebagai bahan baku utama dalam pembuatan beberapa produk makanan seperti permen jelly, pudding, dan cookies atau kue kering.

Sebenarnya apa alasan Venni dan teman –temannya memilih kembang sepatu sebagai bahan utama untuk diolah menjadi makanan? Jawabannya sangat sederhanal. Venni menjelaskan bahwa kembang sepatu ternyata memiliki kandungan vitamin C, mineral, dan senyawa antioksidan di dalam mahkota bunganya sehingga aman untuk dikonsumsi dan justru dapat menyehatkan tubuh

“Ada kandungan flavonoid, anti oksidan polifenol, mineral, dan vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan demam dan flu. Selain itu bisa juga membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh,” jelas Venni.

Abigail juga menambahkan bahwa kembang sepatu adalah salah satu jenis bunga yang sudah sangat familiar dengan mereka karena sejak masih kanak – kanak mereka sudah mengenal bunga itu. Bahkan, saat mereka mencari informasi mengenai bunga sepatu di internet, mereka menemukan bahwa ternyata kembang sepatu sudah banyak dimanfaatkan untuk dibuat sebagai salad sayur.

Untuk membuat kue kering dari kembang sepatu, Dita menjelaskan bahwa mereka hanya mengambil bagian mahkotanya saja. Setelah itu, mahkota yang sudah terkumpul dihaluskan dan dijadikan sebagai bahan tambahan dalam adonan untuk membuat kue kering.

Dita juga menjelaskan, setiap 1 kg adonan kue memerlukan ¼ kg mahkota bunga sepatu. Mereka mengaku mendapat bunga sepatu tersebut dari pekarangan warga di daerah Pakem, Selam. Mereka membeli 1 kg kembang sepatu yang masih segar dengan harga Rp 7.500,-

Berkat kreativitas meerka tersebut, mereka mendapatkan dana melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan sebesar Rp 7,5 juta.

Mahasiswa UGM Buat Kue Dari Bunga Sepatu was last modified: June 5th, 2013 by

Gallery of Mahasiswa UGM Buat Kue Dari Bunga Sepatu