Mahasiswa Unisri Surakarta Ubah Angkak Jadi Minuman Sehat

035919p

Masyarakat di Indonesia selama ini hanya mengira bahwa angkak hanya dapat digunakan untuk bumbu masakan saja. Namun kenyataannya tidak. Hal ini dibuktikan oleh Nurhadi Prasetyo, mahasiswa dari Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Unisri (Universitas Slamet Riyadi) Surakarta yang berhasil membuat angkak menjadi minuman sehat. Ia mengubah angkak melalui proses fermentasi dan dibuat menjadi minuman kesehatan yang disebut beras kencur merah.

Hal yang melatarbelakangi penemuan Nurhadi ini adalah angkak memiliki bau dan rasa yang tidak enak sehingga orang – orang pun enggan untuk mengkonsumsinya. Padahal, angkak ternyata mengandung beberapa komposisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini diungkapkan oleh Nurhadi saat ditemui di kampus Unisri hari ini (19/6).

Nurhadi mengatakan bahwa bermula dari angkak yang tidak disukai orang, ia tergelitik untuk mencoba mengkreasikan angkak dengan beras dan kencur sehingga jadilah minuman beras kencur merah.

Untuk membuat beras kencur merah ini, caranya dimulai dengan mengekstrak kencur jadi cairan kental. Setelah itu, cairan kencur dimasak bersama dengan gula sampai mendidih dan mengental. Saat larutan kencur dan gula mulai membentuk gumpalan – gumpalan kasar, api dimatikan dan ditunggu sampai dingin

Setelah gumpalan gula dan kencur dingin, tambahkan angkak dan beras yang telah dihaluskan dan kemudian diaduk sampai tercampur rata.

“Setelah rata kemudian dihaluskan dengan blender sampai menjadi serbuk. Hasil serbuk itu nantinya akan diseduh dengan air hangat dan bisa langsung diminum,” jelas Nurhadi.

Lebih lanjut lagi, Nurhadi juga menjelaskan bahwa angkak dipercaya bisa membantu menaikkan kadar trombosit untuk pasien Demam Berdarah. Angkak juga dapat berperan sebagai antioksidan dan dapat membantu menurunkan kadar koleksterol di dalam tubuh. Jika angkak dicampur dengan beras kencur, angkak juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Karena mengetahui manfaat besar dari angkak dan kurang optimalnya pemanfaatan angkak saat ini, hal inilah yang membuat Nurhadi merasa tertantang. Namun, Nurhadi mengaku dirinya belum berminat untuk menjadikan angkak ini usaha bisnisnya karena ia masih berusaha untuk melakukan percobaan supaya dapat menghasilkan inovasi produk olahan angkak yang lebih optimal.

Mahasiswa Unisri Surakarta Ubah Angkak Jadi Minuman Sehat was last modified: June 19th, 2013 by

Gallery of Mahasiswa Unisri Surakarta Ubah Angkak Jadi Minuman Sehat