Manfaat Melatih Kecerdasan Anak Sejak Dini

cara mengembangkan kecerdasan anak sejak dini

Manfaat Melatih Kecerdasan Anak Sejak Dini – gelumbang.com. Pendidikan merupakan aset yang penting untuk kemajuan sebuah bangsa. Oleh sebab itu, setiap warga negara wajib untuk mengikuti jenjang pendidikan mulai dari pendidikan anak usida dini (PAUD), pendidikan di sekolah dasar, hingga perguruan tinggi.

Sebenarnya kecerdasan anak sudah bisa distimulasi dan diasah sejak dini. Oleh karena itu selagi masah ada kesempatan, sebagai orang tua kita harus semaksimal mungkin membantu mengasah potensi yang dimilikinya.

Usia emas anak adalah pada usia 3 tahun dimana pada usia ini anak mampu menyerap informasi  yang diperoleh sebanyak – banyaknya. Setiap anak dilahirkan dengan bakat dan kelebihannya masing – masing. Tidak ada anak yang bodoh, namun orang tualah yang seringkali kurang mampu mengintensifkan dan menstimulasi kecerdasan anak sehingga rasa ingin tahu dan kepercayaan dirinya kurang terasah. Anak akan cerdas sesuai dengan umur dan kemampuan. Para orang tua harus lebih rajin dan peka untuk memberikan hal – hal baru untuk si kecil agar membuat otak anak dapat mengetahui lebih banyak hal.

Jika Anda ingin mencoba mengembangkan kecerdasan buah hati Anda sejak kecil, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk diterapkan

  • Buat Anak Percaya Diri

Buatlah si kecil selalu percaya diri dan optimis bahwa ia bisa melakukan sesuatu. Anak memiliki rasa percaya diri ketia ia memiliki banyak pengalaman keberhasilan dan berhasil memenuhi kebutuhannya sendiri. Anda dapat melibatkan anak dalam berbagai kegiatan berkelompok seperti kesenian, kegiatan olahraga, kelas memasak, dll.

 

  • Buat Anak Suka Membaca

Banyak yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita bisa mengetahui banyak hal. Oleh sebab itu, biasakan si kecil untuk gemar membaca sejak kecil. Kebiasaan memeca ini akan membuat anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar. Jika si kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar, maka ia pun akan mempelajari berbagai hal dan bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru.

 

  • Selalu Berkomunikasi Dengan Anak

Sebagai orang tua, penting untuk selalu membangun keterbukaan dan komunikasi dengan anak. Di usianya yang masih kecil, anak masih memerlukan banyak arahan sehingga eksplorasinya lebih terarah dan membantu meluruskan pemahaman terhadap suatu kejadian atau informasi. Ketika anak dan orangtua memiliki komunikasi yang terbuka, anak pasti akan merasa nyaman untuk bercerita dan bertanya apa saja pada orangtuanya.

 

 

Manfaat Melatih Kecerdasan Anak Sejak Dini was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Manfaat Melatih Kecerdasan Anak Sejak Dini