Mau Tau Pelajaran Kelas 5 SD Yang Dihadapi Anak Anda?

Bila anak Anda kini sudah duduk di kelas 5 SD, maka tantangan Anda sebagai orang tua jelas sudah tidak ringan lagi. Anda perlu mendampingi anak yang kini harus menghadapi pelajaran kelas 5 SD yang lebih sulit dan kompleks.

Mau Tau Pelajaran Kelas 5 SD Yang Dihadapi Anak Anda

Dengan pelajaran yang lebih rumit dan kompleks tentu Anda harus semakin memahami pelajaran yang mereka hadapi sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa meyesuaikan bantuan dan pendampingan Anda. Selain itu Anda juga sebaiknya mengikuti perkembangan anak Anda di kelas sehingga tau benar pada titik mana yang harus Anda fokuskan.

 Karena meski pada satu sisi anak mulai diperkenalkan dengan kemandirian belajar, tapi mereka belum bisa sepenuhnya Anda minta untuk mandiri tanpa pengawasan Anda. Jadi Anda masih harus mengikuti perkembangan mereka dengan optimal.

Lalu apa saja sih pelajaran kelas 5 SD yang harus anak Anda hadapi?

  1. Semua pelajaran sudah lebih kompleks. Pada bidang bahasa, anak akan diminta membuat penulisan yang lebih rumit. Seperti biografi, atau membuat ringkasan dari sebuah teks. Pelajaran bahasa asing juga sudah lebih rumit karena mereka di tuntut lebih mampu menguasai lebih banyak kata dan melakukan percakapan sederhana dan simulasi.
  2. Kekompleksan lain juga Anda temukan pada pelajaran matematika ketika mereka harus berhadapan dengan beragam soal rumit mengenai persamaan sederhana, diagram dan tabel yang lebih rumit, bangun ruang dan masih banyak lagi.
  3. Mereka juga harus lebih baik dalam menghafal. Di kelas 5 SD materi mereka kadang penuh dengan informasi dalam beberapa poin sehingga perlu lebih banyak energy untuk menghafal.Baik itu dalam pelajaran ilmu alam maupun ilmu sosial.
  4. Pemahaman mereka akan logika ekonomi, logika sosial dan logika matematika juga cukup penting Anda optimalkan.
  5. Mereka mulai diperkenalkan dengan metode presentasi sehingga Anda perlu mendorong percaya dirinya, dan kemampuan bicaranya.
  6. Kerumitan mereka adalah karena kadang mereka harus mengerjakan PR yang tidak bisa Anda temukan begitu saja jawabannya di dalam buku cetak atau catatan. Tapi harus dengan riset dan pencarian bai melalui media maupun internet. Sementara materi mereka juga lebih kompleks karena selain buku cetak mereka juga akan mendapatkan catatan. Kadang Anda perlu untuk memastikan catatan anak cukup lengkap untuk bahan belajar mereka.
  7. Meski Anda sudah bisa mengarahkan kemandirian pada mereka, tapi jangan lepas mereka 100%, damping mereka secara tersembunyi sekedar memastikan mereka masih dalam jalur.
Mau Tau Pelajaran Kelas 5 SD Yang Dihadapi Anak Anda? was last modified: October 7th, 2013 by

Gallery of Mau Tau Pelajaran Kelas 5 SD Yang Dihadapi Anak Anda?