Memahami Perlakuan Tepat Dalam Menghadapi Karakter Melankolis Dalam Dunia Bisnis

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai perlakuan terhadap karakter Koleris dalam dunia bisnis. Pada kesempatan ini saya kembali mengulik mengenai permasalahan serupa tapi untuk karakter melankolis.

memahami perlakuan tepat dalam menghadapi karakter melankolis dalam dunia bisnis

Mengenal karakter manusia dan memahami perlakuan yang tepat akan membantu Anda menaklukan beragam pihak yang berkaitan dengan dunia bisnis yang Anda geluti. Bila Anda tau dengan baik cara paling tepat dalam memperlakukan orang dalam lingkaran bisnis, tentu saja usaha Anda akan lebih lancar dan mudah.

Lalu seperti apa karakter melankolis ini? Karakter ini cenderung mendalam, penuh analisa, terperinci dan emosional. Biasanya juga mereka memiliki jiwa seni yang kuat kemampuan kreatif yang menonjol dan kemampuan kritikal yang dominan.

Setiap karakter memiliki keunggulan sekaligus kekurangan. Masing-masing memberi efek baik dalam dunia bisnis tapi juga memerlukan kepandaian Anda dalam menghadapinya. Jadi bagaimana cara menghadapi karakter melankolis dalam dunia bisnis?

  1. Karyawan dengan karakter melankolis
    Tempatkan karyawan dengan karakter melankolis ini pada posisi yang membutuhkan detil, perencanaan, ketelitian, analisa dan pengamatan mendalam serta kreatifitas. Jauhkan mereka dari posisi yang menuntut kemampuan sosialisasi dan adaptasi cepat. Perlakukan mereka dengan lebih halus karena mereka cenderung sensitif pada serangan dan tekanan, justru bantu mereka untuk lebih ceria dan optimis.
  2. Konsumen dengan karakter melankolis
    Pada saat Anda harus berhadapan dengan konsumen berkarakter ini, maka Anda perlu cukup memperhatikan pada detil. Mereka sangat peka dengan detil dan Anda akan terkejut dengan kemampuan mereka melihat kesalahan. Mereka menuntut kesempurnaan dan menuntut Anda memperlakukan mereka dengan baik, karena mereka cukup mudah tersinggung.
  3. Supplier dengan karakter melankolis
    Bicarakan rencana kebutuhan pasokan Anda pada mereka dengan seksama. Minimalisir permintaan spontan pada supplier Anda karena ini membuat ketidaknyamanan pada sisi mereka. Lakukan segala sesuatu dengan tepat waktu dan terjadwal. Soal kualitas mereka siap memberi Anda hasil tersempurna bahkan mungkin terbaik. Ingat sekali lagi mereka mudah tersinggung jadi perlakukan mereka dengan baik dan hati-hati.
  4. Pesaing dengan karakter melankolis
    Agak rumit bila yang harus Anda hadapi adalah pesaing dengan karakter ini. Mereka bersaing dengan cukup halus, terencana dengan sangat baik, bahkan kadang Anda melihat mereka tampak tidak terlalu lihai. Langkahi mereka dengan gerakan cepat karena mereka tidak akan mampu menandinginya, karena bergerak spontan bukan sifat karakter melankolis.
Memahami Perlakuan Tepat Dalam Menghadapi Karakter Melankolis Dalam Dunia Bisnis was last modified: September 16th, 2013 by

Gallery of Memahami Perlakuan Tepat Dalam Menghadapi Karakter Melankolis Dalam Dunia Bisnis