Memanfaatkan Pemahaman Karakter Koleris Dalam Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis, Anda sangat mungkin bertemu dengan banyak orang. Baik itu karyawan Anda, konsumen Anda, pesaing Anda maupun supplier Anda. Dan dari demikian banyak orang dalam putaran bisnis yang Anda jalani, sangat mungkin Anda bertemu dengan manusia dengan karakter koleris yang kuat.

Bertemu dengan mereka artinya juga harus memperlakukan mereka dengan dengan cara yang dibutuhkan manusia dengan karakter koleris. Karenanya Anda perlu memahami dengan mendalam sifat ini untuk menemukan cara paling tepat dalam memperlakukan mereka.

Karakter koleris ini dominan dengan sifat mengatur, memimpin dan workaholic. Sifat lain dari mereka adalah penuh kegigihan, keras kepala dan pantang menyerah. Tapi pada sisi lain mereka cenderung tidak sabaran, mudah marah, penuh tekanan, berorientasi target dan  manipulative.

Ketika Anda berhadapan dengan karakter ini dalam dunia bisnis Anda, berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda praktekan.

  1. Karyawan dengan karakter koleris
    karyawan dengan karakter ini cenderung mudah Anda pacu untuk terus bekerja, berprestasi dan menunjukan kinerja stabil selama Anda tetap mampu memberinya apresiasi yang memadai. Selain itu masukan karakter ini dalam sebuah tim untuk menjadi leader sekaligus penggerak tim. Kontrol mereka untuk mengurangi potensi konflik dan tunjukan potensi Anda dihadapannya supaya mereka juga menghargai Anda.
  2. Konsumen dengan karakter koleris
    Konsumen dengan type ini cenderung meminta Anda melayani dengan sebaik mungkin. Kesalahan akibat human error bukan sesuatu yang bisa mereka toleransi. Tapi pada sisi lain bersikap tegaslah bila mereka meminta Anda melayani tanpa kenal waktu, memerintah seakan Anda adalah anak buahnya atau terkesan meremehkan tim Anda. Sikap tegas Anda justru membuat mereka lebih respect pada Anda.
  3. Supplier dengan karakter koleris
    Supplier dengan karakter ini tentu saja akan memberi Anda kemudahan dalam menjalankan kerjasama, karena mereka siap melayani Anda dengan sangat optimal. Tapi jangan abaikan termin pembayaran dan perlakukan mereka sebagai rekanan bukan sekedar pemasok Anda.
  4. Pesaing dengan karakter koleris
    Memiliki pesaing dengan karakter ini cukup berat. Mereka sangat kompetitif dan terus melemparkan tantangan tanpa habisnya pada Anda. Tapi sebaiknya Anda justru menurunkan tensi persaingan. Bersaing secara halus dan samar jauh lebih baik daripada terus melancarkan peperangan yang akhirnya akan membuat Anda semakin tertekan.  Tunjukan Anda menghargainya sebagai pesaing terbaik dan hindari perseteruan karena akan membuat persaingan akan tidak sehat. Ingat karakter koleris bisa menjadi sangat manipulative.
Memanfaatkan Pemahaman Karakter Koleris Dalam Bisnis Anda was last modified: September 16th, 2013 by

Gallery of Memanfaatkan Pemahaman Karakter Koleris Dalam Bisnis Anda