Memasak Terlalu Lama Dapat Menghilangkan Kandungan Gizi

sayuurProses memasak yang terlalu lama dapat menghilangkan kandungan gizi dari makanan sehingga jika dilakukan dalam jangka panjang maka hal tersebut bisa berisiko kurang gizi. Sementara itu, ada beberapa jenis makanan Indonesia yang cita rasaya akan semakin lezat jika dimasak dalam waktu yang lama atu setelah dipanaskan berulang-kali.

Pinky Saptandari yang merupakan staf ahli dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia seperti pola makan masih sangat dipengaruhi oleh budaya yang sangat kental. Seperti mengenai kebiasaan pola makan ini, masyarakat Indonesia cenderung menganggap makanan yang dihangatkan kembali rasanya menjadi lebih enak.

“Bahkan sayur sisa dicampur dengan sayur sisa lainnya bisa jadi makanan baru,” ujarnya dalam Nutritalk yang diadakan oleh Sarihusada di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Proses memasak sangat lah penting untuk menghilangkan mikroorganisme berbahaya yang mungkin terdapat didalam makanan. Selain itu, proses memasak juga berperan dalam menambahkan cita rasa pada sebuah makanan.

Namun yang harus diperhatikan adalah gizi yang terdapat pada makanan itu sendiri juga dapat berkurang kandungannya pada saat proses memasak. Karena itu diperlukannya teknik memasak yang baik agar hal ini tidak sampai terjadi.

Bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran, sebentar saja terkena panas maka ada beberapa kandungan gizinya yang hilang, apalagi jika terkena panas terlalu lama.

Made Astawan, Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor mengatakan, sebaiknya sayuran dimakan dalam keadaan segar agar memperoleh kandungan vitamin dan mineral secara optimal. Tapi jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum dimakan untuk menghindari adanya mikroorganisme dan pestisida yang mungkin ada pada sayuran tersebut.

Dengan teknik pencucian yang benar makan mikroorganisme dan pestisida yang melekat pada sayuran bisa dihilangkan, walau sebenarnya ada beberapa pestisida yang tidak bisa langsung hilang setelah dicuci. Untuk itu, sebaiknya pilihlah bahan makanan yang menggunakan pestisida non-sistemik atau pestisida yang hanya melekat pada permukaan sayuran bukan ikut meresap kedalam sayuran.

Memasak Terlalu Lama Dapat Menghilangkan Kandungan Gizi was last modified: July 20th, 2013 by

Gallery of Memasak Terlalu Lama Dapat Menghilangkan Kandungan Gizi