Membangun Brand Produk Dengan 5 Langkah

Pada artikel-artikel sebelumny saya sudah membahas banyak informasi seputar brand produk. Kali ini masih seputar masalah brand produk, saya akan mengulas soal bagaimana cara dalam membangun brand produk dalam 5 langkah.

membangun brand produk dengan 5 langkah

Berikut ini adalah 5 langkah membangun brand produk tersebut.

  1. Tentukan pencitraan
    Sebelum Anda terjun pada tahapan yang bersifat praktis, Anda perlu tau citra apa yang akan Anda bangun untuk produk. Misalkan sabun Lux memiliki citra feminine dan mewah sedang  sabun Medicare dengan citra keluarga dan kesehatan. Jadikan citra ini sebagai dasar dari branding yang Anda lakukan.
  2. Gunakan merek, logo, kemasan dan warna yang tepat.
    Langkah pertama adalah sisi visual dari produk yang harus Anda perhatikan dengan baik. Pastikan semua sisi visual ini sudah sesuai dengan target pasar Anda, dengan manfaat produk dan citra yang ingin Anda tampilkan. Pada sisi ini Anda juga perlu membuat sisi visual ini mudah Anda ingat, mudah teridentifikasi dan tidak mudah tertukar dengan merek lain.
  3. Promosi dengan konsisten pada citra
    Setelah Anda membuat produk dan mengemasnya, maka sudah pasti Anda akan mempromosikan. Lakukan dengan konsisten pada citra, jadi konsep promosi baik bahan promo, tenaga promosi dan arah promosi semua masih pada landasan citra yang Anda buat.
  4. Buat terobosan
    Bila Anda hanya melakukan pemasaran standar yang sama dengan orang lakukan, maka pencapaian Anda juga akan standar. Lakukan pemasaran yang unik, yang mengangkat citra dan brand produk lebih tinggi dan memiliki kemampuan untuk diperhatikan massa. Misalkan dengan membuat even 10 ribu langkah ala Anlene, cuci tangan di sekolah oleh Lifebuoy, atau rumah cantik Citra dengan free spa.
  5. Maksimalkan pelayanan
    Sebaik apapun logo dan merek yang Anda buat, sesanter apapun teknik promosi Anda, pada akhirnya konsumen akan menjajal produk Anda. Ketika mereka puas dengan produk Anda, maka di sinilah branding terakhir terbentuk. Ketika pelayanan cutomer service Anda memuaskan, mereka yang tadinya memiliki keluhan akan pulang dengan senyuman.  Jadi jangan pernah berhenti memberikan layanan optimal. Dan branding Anda akan sempurna.

Meski beberapa contoh kasus dalam artikel ini adalah contoh dalam kasus produk besar, tapi saya berharap bisa menjadi inspirasi dalam membangun brand produk dalam usaha Anda.

Membangun Brand Produk Dengan 5 Langkah was last modified: September 24th, 2013 by

Gallery of Membangun Brand Produk Dengan 5 Langkah