Membangun Kedekatan Hubungan Dengan Anak

kedekatan anak dan orangtuaAnak merupakan karunia terbesar yang dititipkan oleh Tuhan untuk dirawat dan dibesarkan oleh kedua orang tuanya. Namun terkadang karena faktor kesibukkan pekerjaan, orang tua sering tidak sadar telah kurang memberikan perhatian kepada anaknya. Kesibukan pekerjaan juga bisa mengurangi waktu untuk berkomunikasi antar keduanya. Hal-hal tersebut bisa membuat kerenggangan hubungan antara anak dan kedua orang tuanya.

Selain itu, kerenggangan hubungan dengan anak juga dapat mempengaruhi perkembangan mental seorang anak. Anak yang merasa kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya biasanya akan tumbuh menjadi anak yang egois, penentang dan pembangkang. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang disekitarnya karena mereka merasa orang tuanya tidak dapat mencukupi kebutuhan perhatian yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak sebagai bukti rasa sayang orang tua kepada mereka.

Tentu saja pembaca sekalian tidak ingin hal ini terjadi kepada anak-anak anda bukan? Maka dari itu para orang tua seharusnya mengetahui pentingnya membangun kedekatan hubungan dengan anak. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada anak, berikut ini gelumbang.com akan berbagi indormasi mengenai kiat untuk membangun kedekatan hubungan dengan anak.

Pertama adalah menjaga komunikasi. Sudah pasti komunikasi merupakan faktor terpenting dalam setiap jenis hubungan. Dengan adanya komunikasi yang baik maka hubungan yang tercipta pun akan semakin baik. Biasakan untuk sesering mungkin berkomunikasi dengan anak anda. Sesibuk apapun anda sempatkanlah untuk berbincang-bincang dengan mereka. Tanyakan aktivitas apa saja yang seharian tadi dilakukan oleh anak? Bagaimana sekolahnya? Bagaimana teman-temanya? Dengarkan ceritanya baik-baik, dari situ anda bisa memantau bagaimana keadaan anak dan dengan siapa saja mereka bergaul.

Kedua adalah sentuhan yang bermakna. Sebuah sentuhan dari orang tua terutama ibu akan memberikan kehangatan tersendiri bagi seorang anak. Ucapkan selamat serta berikanlah sentuhan lembut dikepala, pipi, atau pundak ketika mereka mendapatkan nilai yang baik atau baru saja memenangkan sebuah perlombaan. Sentuhan-sentuhan kecil seperti itu akan sangat berarti untuk anak karena mereka akan merasa diperhatikan, disayangi serta dihargai oleh orang tuanya.

Ketiga adalah bersenang-senang bersama. Carilah waktu senggang sehingga kalian bisa menghabiskan waktu bersama. Rekreasi keluarga atau sekedar menonton televisi bersama diruang keluarga akan menjaga kedekatan hubungan antar anggota keluarga. Aktivitas yang dilakukan bersama akan menjaga kedekatan anak dengan kedua orang tuanya.

Kelima adalah berdoa bersama. Membiasakan anak untuk selalu dekat dengan tuhan merupakan tugas dasar orang tua. Kebiasaan ini akan menjaga pertumbuhan mental anak agar terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk dari lingkungan. Menjalankan ibadah bersama atau sekitar membaca doa bersama ketika hendak makan merupaka pembelajaran yang akan sangat bermakna untuk anak.

Sekian beberapa kiat untuk memabangun kedekatan hubungan orang tua dengan anak. Semoga memberikan manfaat.

Membangun Kedekatan Hubungan Dengan Anak was last modified: May 23rd, 2013 by

Gallery of Membangun Kedekatan Hubungan Dengan Anak