Memilih Produk Yang Tepat Untuk Bisnis Baru Anda

Dalam informasi pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai 5 aspek dalam memulai bisnis baru. Salah satu dari 5 aspek itu adalah produk. Dalam sebuah bisni, baik itu bisnis baru atau bisnis lama, produk menempati posisi pertama.

memilih produk yang tepat untuk bisnis baru anda

Tanpa produk, sebuah bisnis tidak mungkin berjalan, karena produk adalah sesuatu yang Anda tawarkan ke pasar. Jadi produk adalah objek dari semua usaha. Karenanya membahas objek memiliki arti sangat penting ketika memulai bisnis baru.

Satu hal penting yang harus Anda tanyakan pertama kali ketika memulai usaha adalah produk apa yang akan Anda pilih? Apa manfaatnya? Apakah Anda akan memproduksi sendiri produk ini atau Anda ambil dari produsen lain?

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam memilih produk untuk bisnis baru Anda.

  1. Ada dua cara dalam memilih produk
    1. Berdasar manfaat produk
      Anda bisa memilih produk di awal dengan melihat manfaat dari produk dan manfaatnya dalam memenuhi kebutuhan pasar.
    2. Berdasar kebutuhan pasar
      Anda bisa memulainya dengan melihat potensi yang berkembang di masyarakat dan kebutuhan yang muncul di pasar.
    3. Pastikan keunggulan produk Anda dari produk kompetitor yang sudah ada. Di sini keunggulan tidak harus bersifat memiliki kelebihan. Diferensiasi juga bisa berperan sebagai keunggulan produk Anda.
    4. Berikan brand yang mudah di jual, dikenali dan di pahami pasar dengan baik.
    5. Jenis Produk juga berperan dalam operasional bisnis baru. Produk berupa barang tentu akan berbeda perlakuannya dengan produk jasa.
    6. Tentukan alur hidup dari produk.  Produk yang harus Anda produksi dulu tentu perlu Anda persiapkan dengan seksama dari bahan baku, proses produksi, tenaga produksi hingga ruang produksi. Tapi untuk produk retail, dimana Anda menjualkan produk dari produsen lain tentu saja memerlukan konsep yang berbeda.
    7. Buatlah kemasan yang menarik, menjual dan fungsional. Tentu saja kemasan untuk produk makanan dengan produk pakaian berbeda dari sisi desain dan fungsi. Begitu pula untuk produk yang harus melalui pengiriman luar kota.
    8. Ketahui dengan pasti harga produk serupa di pasaran. Ini untuk menjadi patokan Anda dalam menentukan produk.
Memilih Produk Yang Tepat Untuk Bisnis Baru Anda was last modified: September 3rd, 2013 by

Gallery of Memilih Produk Yang Tepat Untuk Bisnis Baru Anda