Memperpanjang Umur Dengan Hidup Tanpa Rokok

no smokingHari ini tepat pada tanggal 31 Mei 2013 diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengedarkan surat imbauan kepada seluruh Direktur Utama / Penanggung Jawab Lembaga Penyiaran Radio dan Televisi di seluruh Indonesia agar iklan rokok tidak disiarkan pada Hari Anti Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati pada hari ini (Jumat, 31/5).

Banyak yang mendukung tapi tak sedikit juga yang tidak mengindahkan peringatan tersebut. Hari ini saja ketika sedang berada dikendaraan umum saya bertemu dengan beberapa pria yang masih dengan sangat santainya merokok didalam bus yang penuh sesak. Mereka bisa dengan santai menghembuskan asap rokok tanpa memperdulikan orang-orang disekitarnya. Rokok bisa diibaratkan seperi bom waktu, efeknya memang tidak dapat terasa secara langsung tapi perlahan tapi pasti rokok akan menggerogoti kesahatan para penikmatnya dan bisa berefek pada kematian.

Menurut penelitian seseorang yang menghisap rokok setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker laring, paru-paru, kerongkongan, rongga mulut, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan dan sakit jantung. Menurut riset seseorang yang secara rutin merokok 3 hingga 4 batang sehari, delapan kali lebih beresiko terkena kanker mulut jika dibandingkan orang yang tidak merokok. Semakin hari semakin banyak saja penyakit kronis yang dialami oleh para penggemar rokok. Bahkan menurut sebuah penelitian terjadi peningkatan yang signifikan terhadap pecandu rokok yang mengalami penyakit kronis.

Selain membahayakan penggunanya ternyata rokok juga bisa berakibat buruk kepada orang-orang yang tidak merokok. Hanya dengan menghisap asap dari rokok yang dihembuskan oleh si perokok saja bisa memberikan dampak yang cukup fatal. Bisa saja orang-orang yang tidak merokok mendadak menderita penyakit yang sama seperti para penikmat rokok. Merekalah yang disebut sebagai perokok pasif. Perokok pasif memiliki kemungkinan lebih buruk dibandingkan dengan perokok pasif. Karena asap rokok yang masuk melalui hidung tidak dapat tersaring secara langsung.

semua orang mengetahui dampak negatif dari rokok tapi mengapa mereka tidak menghentikan kebiasaan tersebut? jawabannya adalah karena didalam terkandung zat yang disebut nikotin. Zat inilah yang memberikan efek santai dan membuat penikmatnya merasa ketagihan dan kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Setiap rokok yang anda hisap akan mengurangi jumlah umur anda. Untuk itu cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok anda jika ingin memiliki umur yang lebih panjang.

Memperpanjang Umur Dengan Hidup Tanpa Rokok was last modified: May 31st, 2013 by

Gallery of Memperpanjang Umur Dengan Hidup Tanpa Rokok