Menangkal Rasa Lapar Selama Berpuasa

makananMenahan lapar merupakan sebuah kewajiban bagi seseorang yang sedang menjalankan puasa. Menahan lapar hampir selama 14 memang bukanlah hal yang mudah. Sangat manusiawi jika seseorang merasakan lapar saat berpuasa. Tapi jangan khawatir ternyata masih ada tips-tips jitu untuk menangkal rasa lapar selama berpuasa.

Sahur merupakan waktu yang penting untuk menyiapkan cadangan makanan yang nantinya akan digunakan tubuh sebagai energi selama beraktivitas saat berpuasa. Maka dari itu jangan pernah melewatkan waktu untuk sahur selama berpuasa karena ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh saat berpuasa.

Diibaratkan sebagai tentara yang akan berperang, maka kita harus menyiapkan amunisi sebelum pergi berperang bukan? Sahur merupakan amunisi seseorang yang akan berpuasa. Untuk itu pengaturan pola makan dan jenis makanan harus sangat diperhatikan. Pola makan tenyata sangat berpengaruh terhadap ketahanan tubuh seseorang selama menjalankan ibadah puasa. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat secara benar maka puasa pun tidak akan terasa berat.

Membuat kita merasa kenyang lebih lama merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menangkal rasa lapar yang nantinya akan membuat tubuh menjadi lemas saat berpuasa. Maka dari itu saat sahur pilihlah makanan-makanan yang waktu cernanya lebih lama. Sehingga makanan-makanan tersebut bertahan lebih lama didalam perut dan nantinya akan memberikan efek kenyang yang bertahan lebih lama.

Jenis makanan yang waktu cernanya lebih lama adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, terutama nasi merah, gandum, oatmel dan kacang-kacangan. Selain itu juga makanan-makanan yang berserat tinggi seperti bayam, kacang polong, kacang hijau dll. Makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa dijadikan pilihan misalnya telur, ikan, daging. Makanan-makanan jenis ini akan memberikan efek kenyang lebih lama berhubungan dengan waktu cernanya yang lebih lama pula, sehingga kita bisa menangkal rasa lapar untuk sementara waktu.

Selain makanan-makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna ternyata ada juga loh jenis-jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Jika dalam prosesnya makanan dengan waktu cerna lebih lama bisa menghabiskan waktu hingga 8 jam, maka makanan jenis ini hanya menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam. Makanan-makanan seperti inilah yang harus dihindari. Misalnya makanan berminyak, roti putih, kudapan manis, sereal, dll. Untuk minuman juga sebaiknya perbanyak air putih, konsumsi air teh berlebih akan meningkatkan produksi urin. Sedangkan kandungan garam dalam urin sangat dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

 

Menangkal Rasa Lapar Selama Berpuasa was last modified: July 12th, 2013 by

Gallery of Menangkal Rasa Lapar Selama Berpuasa