Mencegah Mabuk Perjalanan

mabuk

 

Bagi sebagian orang mabuk perjalanan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Biasanya mabuk perjalanan terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan dalam jarak yang cukup jauh.

Mabuk perjalanan terjadi akibat adanya perbedaan informasi terhadap suatu gerakan yang dikirim oleh sistem vestibular atau pusat keseimbangan tubuh di telinga bagian dalam, dan informasi dari indra penglihatan. Kerja otak terganggu akibat adanya perbedaan gerakan tersebut, sehingga menimbulkan reaksi mual atau muntah.

Banyak faktor yang bisa jadi pemicu terjadinya mabuk perjalanan, misalnya melalui jalan yang berliku-liku, pergerakan kendaraan yang tidak teratur atau membaca selama di perjalanan. Sebenarnya normal-normal saja jika mabuk saat sedang dalam perjalanan, hanya saja hal ini terkadang membuat malu dan merepotkan orang-orang disekitar karena mencium aroma muntahan yang tidak sedap.

Cara pencegahan paling mudah adalah dengan mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan sebelum memulai perjalanan. Namun, jika anda merasa takut ketergantungan terhadap obat tersebut, anda bisa mencoba alternatif berikut ini:

  1. Pastikan tubuh dalam keadaan prima sebelum berangkat.
  2. Cobalah untuk minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti wedang jahe. Kandungan di dalam jahe dapat mencegah timbulnya mual dan muntah.
  3. Jika anda mulai merasakan gejala mabuk perjalanan seperti mual atau ingin muntah bukalah kaca jendela agar anda bisa menghirup udara yang lebih segar.
  4. Jika membuka jendela tidak mampu menghentikan gejala mabuk perjalanan maka menepilah sejenak. Berjalanlah disekitar kendaraan untuk menetralisir akulumulasi getaran-getaran yang menyebabkan mual. (Khusus mobil pribadi).
  5. Aturlah posisi duduk anda searah dengan laju kendaraan. Fokuslah melihat objek yang tidak bergerak, hindari melihat pemandangan diluar jendela jika dalam keadaan mabuk karena hanya akan memperparah keadaan.
  6. Jika masih tidak efektif, cobalah untuk mengepal dan melemaskan jemari tangan dan kaki untuk menaikan peredaran darah. Cara ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala ringan.
  7. Jika anda mulai merasa lemas dan dehidrasi karena mabuk perjalanan, maka segeralaa minum obat anti mual.

 

 

Mencegah Mabuk Perjalanan was last modified: August 2nd, 2013 by

Gallery of Mencegah Mabuk Perjalanan