Mencegah Penyebaran Kuman dan Bakteri di Toilet Umum

toiletBisa jadi toilet umum merupakan tempat yang paling dicari ketika seseorang sedang berada di tempat-tempat umum seperti mal, department store, atau gedung. Fasilitas umum yang satu ini memang sangat berpotensi menyebarkan berbagai jenis kuman dan bakteri karena digunakan oleh jutaan orang secara bersama-sama. Tidak sedikit toilet-toilet umum yang tidak diperhatikan kebersihannya. Sehingga semakin memperbesar peluang menyebarnya berbagai jenis kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan macam-macam penyakit.

Untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri di toilet umum sebaiknya anda harus pintar-pintar menjaga diri dan kehigienisan toilet umum yang akan anda gunakan. Untuk itu terapkanlah 6 cara berikut ini untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri dari toilet umum:

Pilih toilet yang keliatan paling bersih

Toilet umum kotor bukanlah hal yang aneh lagi karena memang digunakan oleh banyak orang. Untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri penyebab penyakit maka mulai sekarang hindarilah toilet yang terlihat kotor. Kemudian pilihlah toilet yang dekat dengan pintu keluar karena cenderung lebih bersih dan tidak banyak mikroorganismenya. Menurut para ahli toilet pertama atau toilet yang paling dekat dengan pintu keluar memiliki tingkat bakteri paling rendah. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan orang-orang yang cenderung memilih toilet paling ujung untuk menjaga privasinya.

Pastikan kesediaan tisu toilet

Pastikan dulu kesediaan stok tisu sebelum menggunakan toilet. Karena selain digunakan untuk membersihkan tubuh tisu juga bisa digunakan untuk membersihkan dudukan toilet. Lebih baik lagi jika anda selalu menyediakan stok tisu cadangan di dalam tas untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga.

Jangan taruh benda milik anda di lantai

Walau terkadang lantai toilet terlihat bersih tetap saja anda harus berhati-hati. Tentu saja anda tidak mau bukan kuman dan bakteri yang ada di lantai toilet berpindah ke barang-barang milik anda? Untuk itu jangan sekali-kali taruh barang milik anda di lantai toilet, letakan tas, atau dompet anda di tempat gantungan yang biasanya sudah disediakan di dalam toilet. Jika tidak menemukan gantungan maka anda bisa menyampirkan tas atau dompet anda di bahu atau bisa juga meletakannya diatas pangkuan anda jika memungkinkan.

Jangan lupa menekan tombol flush toilet

Ingatlah untuk selalu menekan tombol flush setelah selesai menggunakan toilet karena tak sedikit orang yang meninggalkan toilet tanpa menyiram atau menekan tombol flush, tentu saja hal ini akan merugikan orang yang akan menggunakan toilet tersebut setelahnya. Selain bisa memperbanyak jumlah mikroorganisme di dalam toilet, hal ini juga akan membuat jijik orang lain yang melihatnya.

Cucilah tangan dengan benar

Yang terakhir adalah mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan toilet. Gosokkan kedua sisi telapak tangan serta sela-sela jari selama 30 detik. Kemudian bilas dan keringkan menggunakan tisu.

Mencegah Penyebaran Kuman dan Bakteri di Toilet Umum was last modified: July 14th, 2013 by

Gallery of Mencegah Penyebaran Kuman dan Bakteri di Toilet Umum