Mendikbud Akan Segera Kirimkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) Bulan Depan

BSM

M. Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menargetkan tambahan untuk Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebagai salah satu kebijakakan dalam rangka pemberian kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi dan akan mulai disalurkan pada bulan Juli mendatang.

“Mudah – mudahan saja akhir bulan Juli dana itu sudah dapat dibagikan kecuali untuk kelas 1. Masalahnya, data anak – anak kelas 1 baru diperoleh pada pertengahan bulan Juli nanti karena saat ini masih proses pendaftaran sekolah dan tahun ajaran baru juga baru akan dimulai Juli mendatang, Sebelum tahun ajaran baru tiba, kita juga belum tahu,” ucap M. Nuh saat di temui di kompleks Istana Wakil Predisen di Jakarta hari Selasa (18/6).

Dalam penjelasan tersebut, M. Nuh juga mengatakan bahwa bantuan untuk siswa tidak mampu tersebut akan diberikan kepada sebanyak 13,5 juta siswa miskin yang tersebar di seluruh Indonesia baik dari tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK. Nominal bantuan untuk siswa miskin tersebut akan mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp 360 ribu per bulan untuk siswa SD naik menjadi Rp 450 ribu. Kemudian untuk bantuan pada siswa di tingkat SMP, bantuan yang awalnya Rp 500 ribu akan naik menjadi Rp 700 ribu. Sementara untuk siswa SMA atau SMK sebelumnya nominal bantuannya adalah Rp 700 ribu dan naik menjadi Rp 1 juta per bulan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk penyesuaian kenaikan harga BBM yang tidak lama lagi akan segera naik karena ketika harga BBM naik, maka biaya pendidikan pun pasti juga akan ikut naik.

Bantuan Siswa Miskin tersebut nantinya akan dititipkan di dalam akun virtual yang dapat diakses oleh siswa yang menerima bantuan. Dana tersebut nantinya dapat diambil oleh siswa dengan didampingi oleh orangua/walinya dengan menunjukkan kartu.

Menurut M. Nuh, Kementrian dan TNP2K (Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan) saat ini sedang melakukan sinkronisasi data calon penerima bantuan pendidikan sehingga diharapkan bantuan ini benar – benar tepat sasaran dan tidak ada pihak yang berkesempatan untuk menyalahgunakan.

Mendikbud Akan Segera Kirimkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) Bulan Depan was last modified: June 20th, 2013 by

Gallery of Mendikbud Akan Segera Kirimkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) Bulan Depan