Mengajarkan Kemandirian Anak; Ajak Mereka Membantu Tugas Rumah

Kemandirian adalah sesuatu yang harus Anda tanamkan sedini mungkin pada anak selain urusan kejujuran dan keberanian. Karena kemandirian anak akan menjadi modal mereka di masa depan, terutama ketika mereka akan berhadapan dengan dunia nyata nanti.

mengajarkan kemandirian anak; ajak mereka membantu

Salah satu kemandirian anak yang bisa Anda bangun sedini mungkin adalah rasa tanggung jawab dan kesiapan mereka dalam mengerjakan tugas domestic rumahan. Hal ini sangat penting bagi mereka karena satu hari mereka juga akan mengelola rumah mereka sendiri dan menjalanan tugas domestik rumahan mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa ide brilian dalam mengajarkan kemandirian anak melalui tugas domestik rumahan :

  1. Membereskan tempat tidur
    Ajarkan mereka untuk membereskan tempat tidur mereka setiap kali mereka bangun tidur. Anda tidak bisa berharap tempat tidur yang rapi sempurna, tapi proses ini akan membangun mereka kebiasaan positif dan juga memberi mereka rasa tanggung jawab. Bagi mereka membereskan tempat tidur juga bisa menjadi hal yang menyenangkan kok.
  2. Membereskan mainan mereka
    Berikan mereka pemahaman pada mereka bila mereka membiarkan mainan mereka berserakan bisa jadi mainan mereka akan terinjak orang dan rusak atau melukai kaki orang. Gambarkan mereka bila seandainya ada tamu yang bertandang sementara mainan mereka masih berantakan. Kesadaran mereka akan membuat mereka dengan kerelaan membereskan mainan mereka tanpa perlu Anda marah-marah.
  3. Menyiapkan meja makan
    Bila usia anak Anda mulai besar, libatkan mereka untuk menyiapkan makan siang atau makan malam keluarga dengan menata meja makan. Menata meja makan juga akan memberi mereka pembelajaran mengenai dasar table manner, berhitung dasar hingga kerapian.
  4. Menata tas sekolah
    Bila anak Anda sudah memasuki usia sekolah, libatkan mereka dalam menata tas mereka. Biarkan mereka mengetahui pasti isi tas mereka, karena hal ini juga akan mencegah mereka kehilangan buku atau peralatan sekolah mereka.Pada tahap lanjut tugaskan mereka untuk menata tas mereka sendiri dan Anda hanya tinggal memeriksa kecocokannya.

Itu tadi beberapa ide dalam memberikan mereka tugas domestic rumahan untuk anak Anda. Cara ini akan mampu mendorong kemandirian anak dengan optimal.

Mengajarkan Kemandirian Anak; Ajak Mereka Membantu Tugas Rumah was last modified: October 1st, 2013 by

Gallery of Mengajarkan Kemandirian Anak; Ajak Mereka Membantu Tugas Rumah