Mengatasi Keringat Berlebih Pada Telapak Kaki

bau kaki

 

Gelumbang.com, Berkeringat merupakan hal yang normal bagi manusia karena keringat merupakan proses pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu setiap orang dilahirkan dengan dilengkapi sejumlah kelenjar keringat di tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan keringat adalah telapak kaki. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan misalnya masalah psikologis atau memiliki penyakit tertentu.

Akan menjadi masalah jika produksi keringat terjadi secara berlebihan. Telapak kaki yang berkeringat secara berlebihan akan menimbulkan rasa lembab dan jika sudah bercampur dengan bakteri maka akan menghasilkan bau tak sedap yang bisa menurunkan rasa percaya diri anda. Untuk mengatasinya, lakukanlah cara-cara berikut ini:

Rendam Dengan Air Garam

Siapkanlah 1 liter air hangat kemudian campurkan dengan 60 gram garam laut. Gunakan campuran air hangat dan garam tersebut untuk merendam kaki. Lakukan sekali dalam seminggu. Air rendaman ini akan membuat kaki terasa lebih nyaman dan membantu meredakan keringat berlebih pada telapak kaki.

Pakai Bedak Khusus

Untuk pencegahan bisa dibantu dengan menggunakan bedak deodorant khusus kaki. Bedak ini sebaiknya digunakan sebelum menggunakan sepatu atau kaos kaki.

Gunakan Kaos Kaki Yang Menyerap Keringat

Untuk mengurangi produksi keringat pada telapak kaki, pilihlah kaos kaki dengan bahan yang dapat menyerap keringat dengan cepat sehingga nyaman dan tidak memberi kesan gerah saat digunakan.

Hindari Alas Kaki Dari Plastik

Hindari menggunakan alas kaki yang terbuat dari plastik. Alas kaki tersebut bisa menyebabkan pori-pori pada kaki sulit untuk bernapas. Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang terbuat dari kulit atau pilihlah alas kaki yang lebih terbuka sehingga kaki bisa bernapas dengan leluasa. Rasa sejuk di kaki akan mengurangi produksi keringat.

Rawat Alas Kaki

Alas kaki yang digunakan dalam waktu yang lama merupakan tempat paling nyaman untuk perkembang biakan bakteri yang dapat menyebabkan bau kaki. Maka dari itu rawatlah alas kaki anda dengan baik dengan menjaga kebersihannya. Cucilah alas kaki anda secara teratur untuk menghindari perkembang biakan bakteri. Jika alas kaki tidak boleh dicuci maka sebaiknya carilah lokasi yang hangat kemudian angin-anginkan, tapi hindari terkena matahari secara langsung agar kelembabannya tidak hilang.

Mengatasi Keringat Berlebih Pada Telapak Kaki was last modified: August 18th, 2013 by

Gallery of Mengatasi Keringat Berlebih Pada Telapak Kaki