Mengatur Anggaran Mudik Lebaran

mudikTradisi mudik lebaran di Indonesia yang selalu rutin diadakan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri ternyata butuh kecermatan dalam mengatur anggaran yang akan dikeluarkan. Jangan sampai sepulangnya dari mudik lebaran ternyata isi tabungan sudah habis terkuras.

Lalu anggaran apa saja yang harus dipertimbangkan agar mudik bisa berlangsung dengan nyaman?

Menurut Mike Rini Sutikno, selaku penasihat keuangan dari Mike Rini dan Associate Financial Planning and Education, Anggaran yang perlu dipikirkan untuk keperluan mudik lebaran adalah beberapa alokasi dana untuk transportasi, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain.

Transportasi
Untuk pos transportasi yang paling penting adalah menentukan jenis kendaraan apa yang akan digunakan. Sebaiknya pilihlah alat transportasi yang sesuai budget tapi tetap aman dan nyaman. Jangan hanya memperhatikan dari segi keekonomisannya saja perhatikan juga tingkat keamanannya.

Selain itu hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah, waktu dan tujuannya. Berapa jumlah orang yang akan ikut mudik, berapa hari waktu yang akan dihabiskan disana, serta akan kemana saja selama berada di kampung halaman.

Akomodasi
Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah akomodasi. Jika sesampainya di tempat mudik sudah disediakan tempat untuk menginap seperti rumah orangtua atau rumah saudara, maka anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Namun, jika ternyata belum ada tempat untuk menginap sebaiknya siapkan dana untuk menyewa hotel atau penginapan.

Konsumsi
Walupun menginap di rumah orangtua atau saudara, anggaran untuk konsumsi juga harus disiapkan loh. Pos ini penting untuk disiapkan karena biasanya untuk dana konsumsi sering dikeluarkan tanpa sadar. Jika tidak diperhitungkan sejak awal bisa saja dana yang dikeluarkan nantinya menjadi berlebihan.

Angpao
Hari lebaran ternyata cukup identik dengan kata angpao. Layaknya berlebaran dirumah, berlebaran di kampung halaman pun harus menyediakan angpao, bahkan mungkin saja lebih banyak karena akan bertemu dengan saudara lain yang lebih banyak. Jadi angpao juga perlu dimasukan kedaftar anggaran mudik lebaran.

Mengatur Anggaran Mudik Lebaran was last modified: July 22nd, 2013 by

Gallery of Mengatur Anggaran Mudik Lebaran