Mengenal 3 Gaya Belajar Anak

Gaya belajar anak erat kaitannya dengan bagaimana mereka menemukan cara paling tepat dan nyaman untuk menyimpan informasi dalam memori mereka dengan baik serta memahami konsep ilmu yang mereka pelajari dengan baik

mengenal 3 gaya belajar anak

Masing-masing gaya belajar anak memiliki karakter dan model yang berbeda, bahkan kemampuan bertahan yang berbeda. Tapi masing-masing juga memiliki kelebihan yang berbeda. Pada kesempatan ini saya akan membahas 3 gaya belajar anak yang paling umum Anda temui.

  1. Gaya belajar Visual
    Mereka menggunakan penggambaran visual untuk memberikan input dalam memorinya dan memasukan pemahaman dalam pemikirannya. Mereka perlu ilustrasi, gambar, grafik untuk menerima logika dari informasi. Pada kasus tertentu, type ini akan menulis ulang setiap pelajaran yang dia terima sebagai proses menghafal. Kelebihan mereka terletak pada kemampuannya menghafal detil dan biasanya mereka cukup baik dalam pelajaran logika seperti matematika. Pada umumnya mereka tenang dan tidak suka kebisingan. Sehingga mereka akan kehilangan konsentrasi pada tempat ramai dan ketika panik.
  2. Gaya belajar Auditif
    Pada type ini unsur utama andalan mereka adalah indera pendengaran. Hal yang menonjol pada mereka adalah mereka selalu bergumam ketika membaca dan menghafal dengan suara yang keras. Biasanya mereka juga type yang suka bicara, percaya diri dan suka bersenandung untuk merilekskan diri. Kelebihan mereka adalah kemampuannya menyampaikan konsep dan berbicara. Tapi biasanya mereka sedikit lemah dengan detil tapi masih bisa cukup baik dengan logika matematika. Tapi pada sisi lain mereka juga sangat pandai menghafal teori, walau kadang mengabaikan faktor pemahaman akan teori tesebut.
  3. Gaya belajar Kinestetis
    Pada type ini, mereka menggunakan objek ketiga sebagai pembelajaran. Mereka cenderung suka bergerak, tidak bisa diam dan sulit berkonsentrasi lama. Mereka belajar dengan mengeksplorasi langsung objek mereka dilapangan dengan kata lain bukan penggemar teori. Kalaupun mereka harus menghafal teori, mereka melakukan penyederhanaan untuk bisa memahami sebuah konsep. Karenanya mereka sangat menyukai flash card bahkan hingga mereka dewasa. Itu karena mereka sangat lemah dalam menghafal, bahkan cenderung enggan membaca dan berteori.
Mengenal 3 Gaya Belajar Anak was last modified: October 2nd, 2013 by

Gallery of Mengenal 3 Gaya Belajar Anak