Mengenal 3 Kelompok Konsumen Untuk Target Pasar

Salah satu aspek penting dalam sebuah sistem manajemen sederhana adalah pengelolaan pemasaran yang efektif. Salah satu langkah efektif dalam pemasaran adalah menentukan kelompok konsumen yang akan menjadi target pasar dan mengenali dengan baik karakter dari kelompok konsumen ini.

mengenal 3 kelompok konsumen untuk target pasar

Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi informasi seputar 3 kelompok konsumen dasar. Informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menentukan target pasar dari produk Anda.

  1. Konsumen Menengah Kebawah
    Karakter dari kelompok konsumen satu  ini  berkaitan erat dengan kapasitas ekonomi kalangan ini yang terbatas. Dengan keterbatasan ini mereka cenderung mencari produk murah sebagai substitusi produk sejenis yang mahal. Meski mereka menyadari kalau harga yang murah tidak bisa memberi mereka kualitas sebaik produk mahal, tapi mereka masih berharap dapat menemukan produk murah dengan kemampuan atau tampilan yang mendekati produk mahal. Jadi disini Anda perlu melakukan efisiensi biaya seoptimal mungkin tanpa mengesampingkan performa produk. Tingkat konsumsi kalangan ini cenderung terbatas pada produk dasar.
  2. Konsumen Menengah keatas
    Karakter dari kelompok konsumen ini memiliki sifat yang lebih kompleks. Daya beli mereka yang lebih baik membuat mereka juga lebih konsumtif. Kualitas menjadi incaran meski dengan harga cenderung tinggi selama harga sesuai dengan kualitas. Mereka juga mulai masuk dalam zona prestise dalam membeli. Pada kelompok konsumen ini mereka akan sangat jeli dengan diskon dari produk prestisius demi gengsi dengan harga yang sesuai daya beli mereka. Memilih target pasar pada kelompok konsumen ini akan memaksa Anda bermain dalam harga, kualitas dan prestise secara bersamaan.
  3. Konsumen Luxury
    Karakter kelompok konsumen ini lebih pada tuntutan akan pelayanan istimewa. Daya beli mereka di atas rata-rata. Jadi bagi mereka, harga bukan persoalan, kualitas adalah sebuah keharusan, tapi lebih dari itu mereka menuntut Anda menyediakan perlakuan khusus untuk mereka secara VIP. Itu sebabnya Anda bisa menemukan VIP club pada banyak usaha retailer, VIP room untuk banyak usaha jasa. Dengan memilih target pasar pada kelompok konsumen ini Anda tidak pada posisi tawar untuk kualitas produk Anda. Karena justru mereka memilih membeli produk mahal karena menghindari resiko membeli produk kualitas rendah.

Demikian informasi mengenai kelompok konsumen, sehingga bisa menjadi referensi Anda dalam memilih target pasar dari usaha Anda.

Mengenal 3 Kelompok Konsumen Untuk Target Pasar was last modified: August 31st, 2013 by

Gallery of Mengenal 3 Kelompok Konsumen Untuk Target Pasar