Mengenal Jenis Bisnis Yang Berbasis Citra

Pada satu kesempatan saya sempat membaca salah satu artikel dari seorang pakar bisnis Hermawan Kertajaya. Artikel tersebut membahas mengenai betapa rentannya jenis bisnis yang berdiri dengan kekuatan citra. Karena citra baik bukan sesuatu yang kekal dan bila citra baik ini hancur maka hancurlah sudah bisnis tersebut.

Dalam artikel tersebut beliau juga membahas mengenai beberapa jenis bisnis dengan berbasis citra dan karakter di dalamnya. Dalam kesempatan ini saya akan mencoba mengutipnya sebagai berikut.

  1. Bisnis yang identik dengan citra figur
    Bisnis tipe ini pada umumnya didirikan atau diiklanin oleh figur terkenal. Biasanya keberhasilan bisnis ini sangat terkait oleh citra baik dari si figur. Malangnya bila si figur ini tiba-tiba memiliki masalah dan kehilangan citra baiknya bukan tidak mungkin bisnis ikut terperosok. Untuk mengembalikan kondisi, harus ada upaya rebranding . Contohnya : inulvista dengan tokoh inul.
  2. Bisnis yang identik dengan citra trend setter
    Jenis bisnis ini memang hampir serupa dengan jenis bisnis pertama. Tapi di sini pemilik bukan figur ternama yang membuka usaha, tapi figur yang memiliki keteladanan karena kesuksesannya membuka usaha dan menjadi perintis di bidangnya.Figur ini tetap menjadi tokoh yang sangat tersorot masyarakat dan terikat dengan citra baik. Contohnya : Trans Corp dan Faisal Tanjung.
  3.  Bisnis yang identik dengan citra komunitas
    Untuk jenis ini, citra dari sebuah komunitas menjadi figur yang dominan dalam usaha, seperti partai, LSM  atau Ormas. Pencitraan di sini lebih mudah karena bersifat jamak, tapi figure tertentu yang merupakan bagian dari komunitas bisa juga berpengaruh pada nama baik seluruh komunitas.Contohnya : Universitas Muhammadiyah.dan yayasan Muhammadiyah.
Mengenal Jenis Bisnis Yang Berbasis Citra was last modified: September 7th, 2013 by

Gallery of Mengenal Jenis Bisnis Yang Berbasis Citra