Mengenal Karakter Sanguinis Dalam Dunia Bisnis Dan Penanganannya

Pada beberapa kesempatan lalu, saya sudah membahas mengenai karakter manusia dan implementasinya dalam dunia bisnis. Bila sebelumnya saya sudah membahas mengenai karakter Koleris dan karakter Melankolis, maka kali ini saya akan fokus pada karakter Sanguinis dan penanganannya dalam dunia bisnis.

mengenal karakter sanguinis dalam dunia bisnis dan penanganannya

Sebagaimana sudah saya katakan sebelumnya, dalam menjalankan bisnis, Anda akan bertemu dengan banyak jenis orang dengan karakter masing-masing. Untuk bisa menghadapinya dan menjalin hubungan yang baik dan harmonis, Anda perlu memperlakukan setiap orang dalam lingkaran bisnis Anda dengan tepat. Saya pilih kata tepat, karena untu setiap karakter, perlu perlakuan yang berbeda. Karenanya informasi ini saya buat, untuk membantu Anda mengenal setiap karakter dan perlakuan yang tepat.

Karakter Sanguinis identic dengan keceriaan, spontanitas, dan penuh ekspresi. Kehadiran karakter ini dalam sebuah kelompok akan memberi warna cerah dan optimistik dalam kelompok tetapi juga bisa mengurangi fokus kerja.

Lalu bagaimana cara menghadapai karakter sanguinis ini dalam lingkaran bisnis Anda?

  1. Karyawan dengan karakter Sanguinis
    Bila Anda memiliki karyawan dengan karakter ini maka manfaatkan keceriaan, spontanitas dan optimistis dalam diri mereka untuk mengangkat semangat dalam tim. Tapi sifat mereka yang sembrono, tidak fokus dan cepat bosan harus terus Anda amati, karena bisa jadi akan menjengkelkan bagi yang lain. Libatkan mereka dengan pekerjaan yang memberi mereka ruang untuk bergaul dengan banyak orang, berbicara dan dinamis. Karena mereka sangat cepat bosan.
  2. Konsumen dengan karakter Sanguinis
    Bila Anda bertemu dengan konsumen yang banyak bicara, bercerita hingga terus mengekspresikan cerita mereka dengan gerakan tangannya, maka bisa dipastikan mereka sanguinis. Mereka suka Anda mendengarkan cerita mereka, membanggakan keberhasilan mereka dan terlibat untuk mempromosikan produk Anda. Kepuasan mereka sudah pasti berarti promosi gratis untuk Anda, karena 100% mereka akan bercerita pada kolega mereka yang segudang.
  3. Suppler dengan karakter Sanguinis
    Menghadapi supplier dengan karakter ini cukup rumit, karena kadang mereka jadi kurang profesional. Mereka sangat pandai memikat Anda dengn cara bicara mereka, tapi hati0hati dengan hasilnya. Jadi ada baiknya Anda sedikit menekan mereka untuk tetap menjaga kualitas.
  4. Pesaing dengan karakter Sanguinis
    Kemampuan mereka dalam mencuri pasar sangat baik berkat kemampuannya memikat konsumen hanya dengan rayuan maut mereka. Jadi bila Anda tidak berhasil meniru kemampuan merayu dari mereka, maka pastikan saja Anda mampu menghasilkan produk dengan kualitas di atas mereka, perlakukan mereka sebagai teman, jangan musuhi mereka dan sanjung mereka, bila Anda beruntung tanpa sadar mereka akan membongkar sendiri rahasianya.
Mengenal Karakter Sanguinis Dalam Dunia Bisnis Dan Penanganannya was last modified: September 18th, 2013 by

Gallery of Mengenal Karakter Sanguinis Dalam Dunia Bisnis Dan Penanganannya