Mengetahui IQ Anak Dari Berat Setelah Lahir

ilustrasi-_121203022043-155

IQ seorang anak ternyata dapat diketahui sejak bulan pertama setelah ia lahir yaitu dengan cara melihat berat badannya pada bulan pertama. Percaya atau tidak, bayi yang kepalanya berkembang dengan cepat dan lebih berat memiliki IQ yang lebih tinggi saat mulai sekolah.

Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti di University of Adelaide, Australia. Penelitian ini melibatkan 13.800 anak – anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak – anak yang memiliki berat 40 % dari beratnya pada saat 4 minggu pertama setelah lahir mempunyai IQ 1,5 poin lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang berat badannya hanya 15 % dari beratnya saat lahir.

Seperti dilansir dari Dailymail (20/6) Anak – anak yang tumbuh dengan lingkar kepala yang berkembang cepat akan mencapai IQ tertinggi pada saat menginjak usia 6 tahun.

“Lingkar kepala adalah indikator volume otak. Oleh sebab itu, peningkatan yang lebih besar di dalam lingkar kepala bayi yang baru lahir memperlihatkan pertumbuhan otak yang lebih cepat,” ucap Dr Lisa Smithers, penulis utama studi tersebut.

“Secara umum, anak – anak yang baru lahir dan mengalami pertumbuhan yang pesat dalam 4 minggu pertama setelah kelahirannya akan memiliki nilai IQ yang lebih tinggi saat ia sudah mulai besar nanti,” jelas Lisa.

Menurut Lisa lebih lanjut, anak – anak akan mencapai nilai IQ verbal paling tinggi pada saat anak berusia 6 tahun.

“ Hal ini mungkin terjadi karena struktur syaraf untuk verbal IQ sudah berkembang sebelumnya dalam kehidup. Hal ini berarti bahwa kenaikan berat badan yang cukup pesat selama masa neonatal ternyata bisa memberikan manfaat kognitif secara langsung untuk anak – anak.”

Dr. Smithers menjelaskan bahwa penelitian ini juga lebih menyorot pada kesuksesan pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada bayi baru lahir.

“Kami menyadari banyak ibu yang kesulitan untuk menyusui bayinya di minggu pertama saat bayinya lahir. Penemuan kami juga memperlihatkan jika bayi mengalami masalah asupan makan, perlu adanya intervensi dini untuk pengelolaannya.”

Mengetahui IQ Anak Dari Berat Setelah Lahir was last modified: June 20th, 2013 by

Gallery of Mengetahui IQ Anak Dari Berat Setelah Lahir