Menghindari Aksi Pelecehan Seksual Di Angkutan Umum

busMasih ingatkah anda mengenai sebuah pemberitaan di media yang sempat menggemparkan ibukota tentang seorang mahasiswi UI yang meninggal setelah melompat dari angkutan umum karena ketakutan menjadi korban pelecehan seksual? Kasus tersebut sempat menggemparkan karena diduga supir angkutan umum yang ditumpangi oleh mahasiswi tersebut berusaha untuk melakukan tindakan pelecehan seksual sehingga membuatnya ketakutan dan memutuskan untuk lompat dari angkutan umum tersebut.

Semakin maraknya kasus pelecehan seksual membuat wanita harus ekstra hati-hati selama menggunakan angkutan umum. Karena angkutan umum memang merupakan salah satu tempat yang sangat cocok digunakan para pejahat-penjahat kelamin beraksi. Kebanyakan pelaku memilih angkutan umum sebagai tempat beraksi dikarenakan bnyak kesempatan serta peluang untuk melakukannya misalnya pada saat berdiri berhimpitan di bus atau sedang duduk sendirian didalam angkutan umum.

Wanita memang sangat rentan terhadap kasus yang satu ini. Kebanyakan dari mereka takut atau malu untuk mengungkapkan atau meminta pertolongan saat berada dalam kondisi tersebut. Oleh sebab itu sudah seharusnya wanita bisa menjaga diri agar dapat terhindar dari aksi-aksi seperti ini.

Pemerintah juga memiliki andil besar dalam maraknya kasus pelecehan seksual. Sudah seharusnya pemerintah menyediakan sebuah alat transportasi yang aman dan nyaman untuk wanita. Selain itu sangsi yang tegas juga wajib diberikan kepada para pelaku sehingga akan membuatnya jera dan tidak akan menggulanginya kembali.

Namun tetap saja wanita juga harus bisa menjaga dirinya sendiri. Untuk itu gelumbang.com akan memberikan beberapa tips untuk menghindari pelecehan seksual di angkutan umum.

Hindari menggunakan pakaian minim

Menggunakan pakaian minim tentu saja akan memancing perhatian orang-orang terutama para penjahat-penjahat kelamin. Jangankan yang menggunakan pakaian minim, yang menggunakan pakaian rapat dan sopan saja masih sering menjadi korban aksi pelecehan seksual. Maka dari itu hindari menggunakan pakaian yang terlalu minim dan terlalu ketat jika tidak ingin menjadi korban pelecehan seksual.

Jangan menggunakan perhiasan berlebihan

Selain pakaian yang minim perhiasan yang berlebihan juga akan memancing perhatian orang-orang sekaligus para pelaku tindak kejahatan. Tidak hanya pelecehan seksual, penjambretan, dan penodongan juga sangat dimungkinkan bisa terjadi. Hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan selama berada di dalam angkutan umum.

Jangan naik angkutan umum yang kosong sendirian

Jangan pernah naik kendaraan umum yang kosong sendirian. Tunggulah angkutan umum yang lain atau jika terpaksa pilihlah tempat duduk yang dekat dengan supir.

Jangan melamun didalam angkutan umum

Jangan melamun atau terlalu sibuk dengan handphone ketika sedang berada didalam angkutan umum karena ini akan mengunang penjahat untuk beraksi. Cobalah untuk selalu fokus dan memperhatikan para penumpang lain termasuk supir dan kondektur. Biasanya para pelaku akan memperlihatkan gerak-gerik yang mencurigakan misalnya sering menengok kanan kiri, memandangi penumpang lain dari ujung kaki sampai ujung kepala, menggaruk-garuk daerah disekitar kelaminnya, menempelkan anggota tubuhnya ke wanita didekatnya.

Jangan ragu untuk minta tolong

Jika anda yang menjadi korban maka jangan segera panik, usahakan untuk tetap tenang dan menghindarlah sebisa mungkin dari si pelaku. Jika dirasa sudah mulai berlebihan jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada orang-orang disekitar. Jika angkutan umumnya dalam keadaan sepi maka carilah lokasi yang cukup ramai kemudian segeralah turun dari angkutan umum tersebut.

Selalu siapkan senjata pribadi

Siapkan alat-alat yang bisa digunakan saat berada dalam keadaan terdesak seperti gunting, peniti besar atau payung. Gunakan alat-alat tersebut jika sudah benar-benar dalam keadaan terdesak.

Semoga setelah membaca beberapa tips diatas dapat membantu para wanita-wanita untuk terhindar dari para penjahat-penjahat kelamin. Selalu waspada dan tetap berdoa kepada Tuhan untuk diberikan keselamatan selama dalam perjalanan.

Menghindari Aksi Pelecehan Seksual Di Angkutan Umum was last modified: June 4th, 2013 by

Gallery of Menghindari Aksi Pelecehan Seksual Di Angkutan Umum