Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Pasir Penyu Wajib Bina 10 Sekolah Lain

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berhasil memperoleh gelar penghargaan sebagai Sekolah AdiwiyataTingkat Nasional di tahun 2013.

Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Pasir Penyu Wajib Bina 10 Sekolah Lain

Adiwiyata merupakan salah satu dari program Kementerian Lingkungan Hidup dengan tujuan untuk mendorong agar tercipta sebuah pengetahuan dan juga sebuah kesadaran dari setiap warga sekolah di dalam upaya untuk pelestarian lingkungan hidup. Sehingga harapannya setiap dari warga sekolah ikut bertanggung jawab dalam pelestarian alam sekitar dan secara aktif ikut menanggulangi dampak negatif yang ada.

Penetapan SMKN 1 Pasir Penyu sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional ini berdasarkan kepada surat dari Kementerian Lingkungan Hidup pada tanggal 16 Desember 2013, yaitu tentang Penghargaan dan Sarasehan Adiwiyata Nasional di tahun 2013. Ini lah penjelasan yang diberikan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Inhu, Moch bayu, di Rengat, Kamis (19/12)

Ia juga mengatakan bahwa dengan terpilihnya SMKN 1 Pasir Penyu menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional adalah prestasi yang kedua yang berhasil diperoleh oleh Kabupaten Indragiri Hulu dalam kurun waktu dua tahun secara berturut-turut. Karena di tahun 2012 yang lalu, SMPN 1 Seberida juga memperoleh predikat sebagai Sekolah Adiwaiyata Nasional 2012.

Piagam penghargaan tersebut akan diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Menteri Lingkungan Hidup yaitu pada hari ini tanggal 20 Desember 2013 yang akan diselenggarakan di Hotel Sahid Jakarta. Piagam penghargaan tersebut akan langsung diterima secara langsung oleh Kepala SMKN 1 Pasir Penyu, Sukat yang akan didampingi oleh BLH Kabupaten Inhu.

Total dari keseluruhan sekolah se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional ada sekitar 15 sekolah, yang mana salah satu diantaranya dalah SMKN 1 Pasir Penyu.

Program dari BLH terkait Sekolah Adiwiyata ini adalah sebuah program yang berjenjang yang dimulai dari tingkat Kabupaten, provinsi, nasional, hingga mandiri. SMKN 1 Pasir Penyu sebelum mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional sebelumnya sudah terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten dan provinsi.

Kemudian, kini setelah mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat nasional, maka SMKN 1 Pasir Penyu mempunyai sebuah kewajiban untuk melakukan sebuah agenda pembinaan bagi 10 sekolah yang lain, supaya SMKN 1 Pasir Penyu bisa meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Sukat, yang merupakan Kepala SMKN 1 Pasir Penyu merasa bersyukur dengan presatsi yang sudah berhasil dicapai oleh sekolah di bawah pimpinannya itu. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh warga dan juga berkat dukungan dari pemerintah daerah.

Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Pasir Penyu Wajib Bina 10 Sekolah Lain was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Pasir Penyu Wajib Bina 10 Sekolah Lain