Menjadikan Bisnis UKM Anda Sebagai Bisnis Profesional

Bisnis UKM adalah dasar dari ekonomi kerakyatan. Berangkat dari bisnis UKM inilah kemudian masyakarat membangun pilar ekonominya dan pada akhirnya beranjak menuju bisnis profesional. Meski secara harfiah tidak bisa Anda membedakan langsung antara bisnis UKM dan bisnis profesional, karena toh seharusnya bisnis UKM skala paling kecilpun sudah dikelola secara profesional, tapi secara umum bisnis profesional mengarah pada skala pasar dan jangkauan usaha.

menjadikan bisnis UKM anda sebagai bisnis profesional

Ketika Anda sudah menghadapi bisnis dengan penjualan besar, produksi massal dengan melibatkan minimal ratusan karyawan dan modal yang besar, maka satu hal yang tidak bisa Anda lepas adalah sistem manajemen yang profesional.

Tentu berbeda dengan bisnis UKM yang pada umumnya masih penuh dengan keterbatasan, baik dari sruktur modal, tenaga hingga penjualan. Tapi seorang pelaku bisnis UKM sekalipun tentu sewajarnya bermimpi mengenai bisnisnya yang akhirnya beranjak besar. Bila saat ini masih mampu mengumpulkan omset sekitar 10 juta perbulan, maka tidak aneh bila berharap bisa menjadi 10 juta perhari.

Tapi sayangnya harapan ini tidak selamanya diiringi dengan langkah konkret yang mampu memberi dorongan untuk menjadi bisnis profesional. Karena merasa skala usaha masih kecil, maka pengelola menganggap enteng dan mengabaikan unsur profesionalitas dalam pengelolaan.

Padahal seperti tadi saya katakan, bisnis UKM bisa menjadi sebuah pilar dasar menuju bisnis profesional. Tapi pertanyaannya bagaimana menjadikan bisnis UKM sebagai pilar dasar?

  1. Pengelolaan dan perencanaan keuangan
    pengelolaan keuangan erat kaitannya dengan pencatatan pelaporan dan evaluasi. Awali sediniĀ  dan sestandar mungkin sebagai dasar sistem keuangan profesional Anda. Selain kelola setiap sen pendapatan usaha Anda untuk perencanaan jangka panjang usaha. Setiap rencana bisnis Anda pasti butuh modal, meski Anda bisa melengkapi kebutuhan modal dengan pinjaman, tapi alangkah baiknya bila Anda juga sudah memiliki modal awal.
  2. Analisa dan Riset
    Jangan Anda kira hanya bisnis besar saja yang perlu riset dan pengembangan. Bisnis UKM juga memerlukannya, bisa jadi dengan proses ini Anda akhirnya menemukan formula bahan baku terbaik atau sistem produksi paling irit.
  3. Proyeksi Usaha Jangka Panjang
    Jangan biarkan usaha Anda jalan di tempat. Setelah Anda mendapatkan hasil dari analisa dan riset, jadikan sebagai dasar Anda untuk melakukan perencanaan untu pengembangan bisnis UKM Anda. Buat proyeksi step by step pengembangan yang akan Anda lakukan, kebutuhan biaya dan target-target pencapaiannya.
  4. Sistem pelayanan terstruktur
    Konsumen adalah raja, meski idiom ini sudah termasuk klasik, tapi tidak sepenuhnya kuno. Karena kepuasan konsumen adalah salah satu jaminan sukses bisnis Anda. Jadi sedari awal, bangun sistem pengelolaan pelayanan konsumen, Meski usaha Anda masih skala rumahan sekalipun, jangan abaikan kepuasan pelanggan. Pada sisi lain jangan melulu terfokus pada kepuasan pelanggan. Karena karyawan Anda juga aset besar dari bisnis. Berikan yang terbaik untuk karyawan Anda maka mereka akan ada untuk Anda ketika bisnis UKM Anda jaya atau sedang sekarat.
Menjadikan Bisnis UKM Anda Sebagai Bisnis Profesional was last modified: October 2nd, 2013 by

Gallery of Menjadikan Bisnis UKM Anda Sebagai Bisnis Profesional