Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

puasaPuasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib yang harus ditunaikan umat muslim selama 30 hari sepanjang bulan Ramadhan. Selama berpuasa umat islam diwajibkan menahan lapar, haus dan hawa napsu sebelum akhirnya merayakan kemenangan di hari kemenangan.

Salah satu hal yang wajib dipersiapkan agar ibadah puasa Ramadhan kita bisa berjalan dengan lancar adalah kesehatan. Menjaga kesehatan harus diutamakan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan karena selama menjalankan ibadah puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi selama hampir 14 jam sehingga jika tidak memperhatikan kondisi tubuh maka jatuhnya tubuh akan drop.

Oleh sebab itu agar aktifitas selama menjalankan ibadah puasa tetap dapat berjalan normal maka cara terbaik adalah dengan menjaga pola makan yang tepat saat sahur dan berbuka. Menjaga pola makan yang tepat dapat membantu tubuh dalam beradaptasi dengan kondisi puasa. Selain itu dengan pola makan yang tepat maka energy yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas dapat tercukupi sehingga tidak membuat tubuh lemas dan loyo selama berpuasa.

Untuk menjaga kesehatan kesehatan selama puasa perhatikanlah beberapa tips berikut ini:

Pilihlah menu sehat untuk makanan sahur dan berbuka

Menu makanan untuk sahur dan berbuka harus sangat diperhatikan yaitu makanan dengan gizi tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh agar dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Hindari mengkonsumsi junk food ketika sahur dan berbuka, efek buruk junk food hanya akan memperburuk kondisi tubuh anda saat berpuasa. Selain itu sebisa mungkin untuk tidak terlalu banyak minum es ketika berbuka karena dapat menghambat sirkulasi darah.

Minum air putih yang banyak

Selama berpuasa tubuh bisa menderita dehidrasi atau kekurangan cairan karena selama hampir 14 jam tubuh tidak memperoleh asupan makanan. Oleh sebab itu, saat sahur dan berbuka minumlah air putih sebanyak-banyaknya agar tubuh bisa memenuhi kebutuhan cairannya.

Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah saat sahur

Sayur dan buah diyakini banyak mengandung gizi dan vitamin sehingga baik untuk tubuh agar tetap segar selama menjalankan ibadah puasa. Biasakan untuk tidak segera tidur setelah sahur biarkan makanan tercerna dengan baik terlebih dahulu. Menyegerakan tidur setelah sahur dapat mengganggu proses metabolism tubuh.

Hindari kopi dan minuman bersoda

Usahakan untuk menghindari dua jenis minuman ini karena didalamnya terkadung kaffein yang dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan yang nantinya akan mengakibatkan tubuh terserang dehidrasi atau kekurangan cairan.

Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa was last modified: July 5th, 2013 by

Gallery of Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa