Menjelang Lebaran Rumah Kosong Menjadi Target Perampokan

perampokPada bulan Ramadhan biasanya orang-orang banyak yang menghabiskan waktunya untuk beribadah serta berkumpul dengan sanak saudara atau teman untuk berbuka puasa di luar rumah. Memang bulan yang penuh berkah ini sangat baik dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah dan mempererat tali silahturahmi.

Hanya saja kondisi rumah yang menjadi sering kosong karena sering ditinggal oleh pemilik rumah memancing para pelaku kejahatan untuk beraksi. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh mereka.

Para penjahat akan mengincar rumah-rumah yang terlihat sepi kemudian memantau kegiatan sehari-hari pemilik rumah sebelum akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melancarkan aksi dan dengan sigap menguras habis harta benda pemilik rumah.

Apalagi menjelang lebaran tingkat kriminalitas cenderung meningkat karena banyak rumah yang ditinggal pemiliknya mudik kekampung halaman dan dibiarkan kosong tanpa penjagaan. Hal ini semakin membuat para pelaku kejahatan leluasa dalam melancarkan aksinya.

Peningkatan kebutuhan menjelang lebaran seperti membelikan pakaian baru untuk keluarga, atau mencukupi kebutuhan untuk berhari raya memang terkadang membuat orang-orang hilang akal dan justru menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Kejadian pembobolan rumah memang sering sekali terjadi menjelang lebaran untuk itu anda harus wasapada karena mungkin saja rumah anda yang menjadi incara para penjahat tersebut. Untuk itu, diperlukan peningkatan pengamanan yang lebih ketat terhadap rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya agar kasus pencurian dan perampokan menjelang hari lebaran ini tidak sampai terjadi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Menambahkan jumlah satpam komplek
  2. Menyewa seseorang untuk menjaga rumah selama anda mudik.
  3. Pastikan semua pintu rumah terkunci dengan baik ketika akan meninggalkan rumah atau akan berangkat mudik.
  4. Simpan barang-barang berharga anda seperti uang, perhiasan dan benda berharga lainnya disimpan ditempat yang aman. Jangan diletakkan ditempat-tempat yang mudah ditemukan penjahat seperti di lemari.
  5. Jangan mematikan lampu rumah, kondisi rumah yang gelap menandakan rumah dalam keadaan kosong dan akan menjadi sasaran para penjahat.
Menjelang Lebaran Rumah Kosong Menjadi Target Perampokan was last modified: July 26th, 2013 by

Gallery of Menjelang Lebaran Rumah Kosong Menjadi Target Perampokan