Modal Bisnis Dari Kredit Tanpa Agunan Perbankan

Bila Anda sering menerima penawaran melalui email atau sms mengenai kredit tanpa agunan atau KTA, bisa jadi tertarik dengan konsep yang ditawarkan. Apalagi bila Anda membutuhkan dana tetapi tdaik memiliki aset yang bisa Anda agunkan.

kredit tanpa agunan

Salah satu tujuan yang biasanya menjadi incaran adalah para pelaku usaha menengah dan kecil, mungkin termasuk Anda. Karena pada umumnya kalangan ini memiliki dana dan aset terbatas. Sedang mereka memiliki kebutuhan modal usaha untuk mengembangkan dan menjalankan roda usaha. Jadilah Anda akhirnya tergiur untuk mendanai kebutuhan modal usaha Anda dari kredit tanpa agunan.

Tapi sebelum Anda benar-benar mengajukan pendanaan tersebu, sebaiknya Anda memikirkan lebih lanjut apakah langkah ini bijak untuk Anda terapkan pada usaha Anda?

Permasalahan besar yang muncul dari kredit tanpa agunan ini adalah bunga yang besar jauh melebihi bunga bank dari pinjaman standar. Lebih buruk lagi biaya yang harus Anda tanggung tidak hanya itu, ada biaya pajak, administrasi dan denda-denda bila terjadi keterlambatan yang jumlahnya juga berkali lipat dari pinjaman pada umumnya.

Nah…dengan menilik kondisi ini, Anda perlu berpikir 3 -4 kali untuk melihat kemungkinan untuk mendanai kebutuhan modal Anda dari sumber lain. Atau kalaupun Anda memutuskan kredit tanpa agunan ini sebagai sumber modal wirausaha, Anda setidaknya harus memenuhi kedua syarat ini.

  1. Perputaran kas yang cepat dalam usaha
    Bila Anda bisa memastikan proses pengembalian modal dalam usaha yang akan Anda jalankan dari modal kredit tanpa agunan ini bisa cepat, setidaknya Anda bisa menekan biaya bunga dan administrasi. Pada kondisi tertentu, tempo pengembalian modal bahkan bisa dalam waktu hanya 1 bulan. Dengan ini Anda juga bisa mengembalikan kredit dalam 1 bulan bebas bunga.
  2. Tingkat margin usaha yang besar
    Bila Anda bisa memastikan margin atau keuntungan bersih yang bisa Anda kantongi melebihi prosentasi bunga dan segala biaya sertaan yang harus Anda tanggung dari kredit tanpa agunan, maka setidaknya Anda masih bisa bertahan.  Meski tidak banyak, beberapa bisnis memang bisa memberikan Anda pelung margin diatas 50 % bahkan diatas 100 %.

Bila usaha yang Anda jalankan memenuhi satu atau kedua syarat tadi, maka ide untuk mendanai kebutuhan modal usaha dari kredit tanpa agunan masih layak Anda jalankan.

Modal Bisnis Dari Kredit Tanpa Agunan Perbankan was last modified: October 20th, 2013 by

Gallery of Modal Bisnis Dari Kredit Tanpa Agunan Perbankan