Muara Enim: 2 Miliar APBD Untuk Listrik Gratis

Sebagai salah satu program untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat Muara Enim, pemerintah Muara Enim telah menganggarkan anggaran sebesar 2 miliar pada APBD 2014 yang akan digunakan untuk program pemasangan listrik gratis. Instalasi listrik gratis ini akan diberikan kepada mereka yang terkategori RTM atau rumah tangga miskin. Program ini dilakukan dengan harapan masyarakat Muara Enim semakin merasakan kesejahteraan dan dapat menikmati listrik.

program listrik gratis muara enim

Program listrik gratis ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Yulius yang diwakilkan  Kepala Bidang (Kabid) Energi Edi Erson.

“Program pemasangan  instalasi listrik gratis ini untuk 1000 RTM. Direncanakan pertengahan tahun ini  akan mulai berjalan,” kata Edi.

Sebagai tahapan awal pemerintah akan mensosialisasikan program listrik gratis ini dan kemudian pemerintah setempat akan mendata warga mana saja yang berhak mendapatkan bantuan listrik gratis dari pemerintah ini. Meskipun kriteria rumah tangga miskin ini agak sedikit sulit ketika kita berada dilapangan. Namun setidaknya jika mengacu pada Biro Pusat Statistik atau BPS ada 13 kategori yang mengkategorikan rumah tangga miskin yakni:

  1. Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8 m2 per orang
  2. Jenis lantai bangunan tempat tinggal terbuat dari tanah/bambu/kayu murahan.
  3. Jenis dinding tempat tinggal terbuat dari bambu/rumbia/kayu berkualitas rendah/tembok tanpa diplester.
  4. Tidak memiliki fasilitas buang air besar/bersama-sama dengan rumah tangga lain.
  5. Sumber penerangan rumah tangga tidak menggunakan listrik.
  6. Sumber air minum berasal dari sumur/mata air tidak terlindung/sungai/air hujan.
  7. Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar/arang/minyak tanah.
  8. Hanya mengkonsumsi daging/susu/ayam satu kali dalam seminggu.
  9. Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun.
  10. Hanya sanggup makan sebanyak satu/dua kali dalam sehari.
  11. Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di puskesmas/poliklinik.
  12. Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah: petani dengan luas lahan 0, 5 ha. Buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan, atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan di bawah Rp 600.000 per bulan.
  13. Pendidikan tertinggi kepala kepala rumah tangga: tidak sekolah/tidak tamat SD/hanya SD.
  14. Tidak memiliki tabungan/barang yang mudah dijual dengan nilai Rp 500.000, seperti: sepeda motor (kredit/non kredit), emas, ternak, kapal motor, atau barang modal lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Edi wilayah yang akan menikmati program ini di antaranya Kecamatan Kota Muara Enim empat  Semendo (SDU,SDT, SDL dan SDU), lalu, Gunung Megang, Gelumbang, Kelekar, Sungai Rotan, Belide Darat, Muara Belide, dan Lubai.a

Karena Gelumbang akan menjadi salah satu wilayah yang berkesempatan mendapatkan bantuan listrik gratis ini, marilah kita sukseskan program listrik gratis ini dengan cara ikut mengawasi jalannya program dilapangan. Program ini diberikan untuk mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu, olehkarenanya jangan sampai salah sasaran.

 

Muara Enim: 2 Miliar APBD Untuk Listrik Gratis was last modified: March 31st, 2014 by

Gallery of Muara Enim: 2 Miliar APBD Untuk Listrik Gratis

program listrik gratis muara enim