Night Owl Vs Early Bird

owlandbirdPernahkah anda melihat atau mendengar istilah night owl? Istilah ini memang masih jarang digunakan di Indonesia namun cukup menarik untuk dibahas karena pasti salah satu dari pembaca tidak sadar telah memiliki kriteria dari night owl ini.

Sebagai gambaran awal saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari night owl atau night person. Night owl merupakan sebuah sebutan yang biasanya digunakan untuk mereka yang terbiasa melakukan aktifitas  pada malam hari. Orang-orang bertipe ini biasanya akan kesulitan tidur di awal malam jadi bukan hal aneh lagi jika seorang night owl adalah seorang penderita insomnia. Namun tidak semua penderita insomnia adalah seorang night owl. Karena pada dasarnya yang dapat disebut sebagai night owl hanya mereka yang merasa dirinya lebih aktif beraktifitas dalam berbagai hal pada malam hari dibanding pada pagi atau siang hari. Mereka merasa mendapat banyak inspirasi di malam hari.yang kadang tidak mereka temukan di pagi hari.

Lawan kata dari istilah night owl adalah early bird atau morning person. Berbanding terbalik dengan night owl yang aktif pada malam hari, early bird adalah tipe orang yang aktif pada pagi hari. Mereka terbiasa tidur diawal waktu kemudian bangun sebelum matahari terbit lalu mulai untuk beraktifitas. Dibandingkan night owl tipe ini memiliki keteraturan hidup dan kesehatan yang lebih baik.

Saya sendiri termasuk kedalam tipe night owl dan memang tidak sedikit masalah yang ditimbulkan akibat terbiasa melakukan aktifitas dimalam hari. Peringatan dari orang tua sudah menjadi hal biasa bagi telinga saya sampai akhirnya mereka menyerah untuk menasihati kebiasaan saya yang satu ini. Belum lagi mudahnya terserang penyakit karena kondisi fisik yang menjadi lemah karena terlalu sering tidur malam. Selain itu jadwal tidur yang terganggu juga akan mengganggu aktifitas lain di pagi harinya.

Seperti tertulis dalam sebuah penggalan lirik musik dangdut yang dipopulerkan oleh H. Rhoma Irama “…..Begadang jangan begadang bila tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya…”. Lagu ini tampaknya sangat cocok didengarkan kepada para makhluk malam seperti saya. Dalam lirik tersebut disebutkan bahwa begadang bukanlah aktifitas yang dilarang namun begadang hanya boleh dilakukan apabila kita memang memiliki keperluan. Menjadikan aktifitas begadang sebagai kebiasaan akan sangat mengganggu kehidupan normal seseorang. Karena terlalu sering tidur malam biasanya para night owl mengganti jam tidurnya menjadi siang hari dan ini akan berefek buruk terhadap tubuh karena akan mengganggu proses metabolism tubuh orang tersebut.

Namun penyandangan istilah dikembalikan kepada kepribadian masing-masing individu. Apakah ingin tetap menjadi night owl dan siap menanggung konsekuensinya ataukah akan berganti menjadi early bird dan mulai melakukan kehidupan normal. Pilihan ditangan anda.

 

 

Night Owl Vs Early Bird was last modified: May 10th, 2013 by

Gallery of Night Owl Vs Early Bird

owlandbird