Oknum Guru melakukan Kecurangan Saat Pelaksanaan Ujian Nasional

UN2013Ujian Nasional merupakan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak beberapa tahun yang lalu. Semenjak awal kemunculannya pro dan kontra mengenai ujian nasional terus berkelanjutan hingga sekarang. Tujuan  awal dari ujian nasional adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga dapat setara dengan kalitas pendidikan di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura. Namun pada pelaksanaanya justru banyak ditemukan kecurangan-kecurangan yang bukan hanya melibatkan mafia pendidikan saja  namun guru yang seharusnya menjadi figure teladan bagi siswa pun terlibat dalam kecurangan yang terjadi pada saat ujian nasional.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika para mafia pendidikan menyediakan kunci jawaban yang nantinya akan menjadi bahan buruan para siswa-siswa yang merasa tidak percaya diri dan tidak yakin mampu mengerjakan ujian nasional dengan baik. Namun ternyata selain mafia pendidikan ternyata tak sedikit guru yang sengaja ikut menyiapkan kunci jawaban untuk siswa didiknya karena rasa takut jika siswanya tidak lulus dalam ujian nasional. Rasa takut ini yang pada akhirnya membuat guru ikut berlaku kecurangan selama pelaksanaan ujian nasional.

Dalam hal ini saya yakin guru pun memiliki tuntutan yang besar entah dari orang tua siswa atau dari pihak dinas pendidikan untuk bisa meluluskan siswa-siswanya seratus persen. Niatnya pun memang baik untuk membantu siswa agar bisa lulus ujian nasional namun apa lulus ujian merupakan sebuah syarat utama untuk menjadi orang yang sukses di masa depan? Apakah sebuah nilai kelulusan lebih penting dibanding nilai kejujuran? Saya rasa kejujuran lebih utama dibandingkan sebuah nilai kelulusan yang hanya berupa angka yang sebenarnya bisa saja dimanipulasi.

Lalu apalagi esensi dari ujian nasional jika guru sebagai pihak yang seharusnya menjadi contoh teladan untuk siswa didiknya ikut melakukan tindakan kecurangan? Apakah peningkatan mutu pendidikan lebih penting dari pembelajaran moral yang seharusnya menjadi bekal untuk masa depan siswa? Lalu bagaimana tanggung jawab moral seorang guru dalam kasus ini?

Oknum Guru melakukan Kecurangan Saat Pelaksanaan Ujian Nasional was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Oknum Guru melakukan Kecurangan Saat Pelaksanaan Ujian Nasional