Orang Tua Siswa Miskin Harus Proaktif Daftarkan Anaknya Ikut BSM

20250313-siswa miskin

Tahun ini, pemerintah kembali menyalurkan dana BSM (Bantuan Siswa Miskin). Mekanisme penyaluran bantuan kali ini sedikit berbeda daripada dengan yang sudah dilakukan sebelumnya. Jika tahun lalu pendataan siswa miskin dilakukan oleh pihak sekolah, pada tahun ini giliran orang tua lah yang diminta untuk pro-aktif mendaftarkan anak-anak mereka untuk mengikuti program BSM ini.

Musliar Kasim, Wakil Mendikbud mengatakan bahwa pemerintah berusaha untuk mendorong orang tua siswa untuk mendaftarkan anaknya ikut program BSM. Ia mengatakan, kepala rumah tangga yang memegang KPS (Kartu Perlindungan Sosial) diminta untuk mendaftarkan anaknya di sekolah tempat anaknya terdaftar agar dapat terdaftar sebagai calon penerima BSM

“Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan stimulus pada orang tua untuk mengirimkan anaknya ke sekolah,” ucap Wamendikbud dalam sosialisasi Kebijakan Pengurangan Subsidi BBM dan P4S (Program Percepatan, dan Perluasan Perlindungan Sosial, serta Program Khusus Lainnya yang berlangsung di Hotel Merlyn Park kemarin (20/6) di Jakarta.

Musliar juga mengatakan, KPS telah dikirim dan diharapkan diterima oleh keluarga sasaran paling lambat pada akhir bulan Juni ini. Kata dia, orang tua akan menyerahkan KPS yang disertai dengan KK (kartu keluarga) ke sekolah. “Setelah itu, kepala sekolah akan menentukan calon siswa penerima BSM berdasarkan KPS,” ucap Musliar.

Musliar menyebutkan bahwa alokasi dana BSM sesuai dengan APBN-P 2013 ini sebesar Rp 7.43 trilyun yang akan diberikan pada 16,6 juta siswa di seluruh Indonesia. Kemendikbud akan menyalurkan Rp 6,04 trilyun untuk 13,53 juta siswa sementara Kemenag (Kementrian Agama) akan menyalurkan sebesar Rp 1,39 trilyun untuk 3,07 juta siswa.

“Sebenarnya jumlah ini masih belum termasuk tambahan sasaran beasiswa BIDIK MISI sebesar Rp 100,8 milyar,” katanya.

Selain itu, berdasarkan APBN-P 2013, satuan biaya BSM juga mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan APBN 2013. Musliar mengatakan jika setelah APBN-P 2013 ini cair, maka penyaluran BSM akan segera dilakukan. Ia mengatakan pemberian BSM dilakukan dalam dua tahap yakni semester pertama akan diberikan pada akhir bulan september mendatang dimana siswa akan memperoleh setengah dari alokasi BSM dan ditambah manfaat yang diberikan satu kali sebesar Rp 200 ribu.

Orang Tua Siswa Miskin Harus Proaktif Daftarkan Anaknya Ikut BSM was last modified: June 21st, 2013 by

Gallery of Orang Tua Siswa Miskin Harus Proaktif Daftarkan Anaknya Ikut BSM