Ospek Memang Pantas Dihapuskan?

Ospek yang belum lama ini telah kembali mencoreng nama baik pendidikan Indonesia, mulai kembali ramai menjadi buah bibir masyarakat. Sehingga muncul beberapa usulan yang menganjurkan bahwa ospek seharusnya dihapuskan saja dari semua kampus yang ada di Indonesia, karena mereka menyatakan bahwa ospek lebih banyak masalahnya daripada kemanfaatan yang dihasilkan.

Ospek Memang Pantas Dihapuskan?

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Idrus Paturisi yang merupakan Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi (PTN) Indonesia. Ia mengatakan bahwa memang yang seharusnya, kegiatan ospek itu harus ditiadakan dan dihapuskan dari semua kampus yang ada di Indonesia ini. Ia menambahkan juga bahwa jika ospek memakan banyak korban, itu adalah masalah klasik yang sudah memang sejak dulu terjadi. Sehingga agar tidak terjadi korban setiap tahun, maka alternatifnya adalah menghapuskan agenda ospek di dalam penyambutan mahasiswa baru dan digantikan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, baik bagi akademik atau pun bagi psikologis mahasiswa baru.

“Sejak saya menjadi Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), saya sudah menghapuskan ospek di sejak 2006. Sebab Ospek malah banyak negatifnya, jadi ajang balas dendam,” kata Idrus, Senin, (16/12).

Idrus menerangkan, memang kemasan di dalam ospek itu dibuat dengan tampilan yang sebagus mungkin. Namun akhirnya, kegiatan ospek itu juga bermuara kepada senioritas dari kakak angkatan yang merasa memiliki otoritas di kampus, dan akhirnya ia menjadi lupa diri dan tidak bisa mengontrol emosi pribadinya. Akibatnya, mahasiswa baru lah yang menjadi korban. Sebenarnya, korban ospek yang meninggal tidak hanya ada di ITN saja, bahkan Idrus juga menyatakan bahwa sudah banyak pula mahasiswa baru yang ada di Makassar juga menjadi korban akibat kegiatan ospek ini.

“Makanya saya sangat setuju kalau ospek ditiadakan. Lalu diganti dengan kegiatan yang bermanfaat seperti pengkaderan yang ada kegiatan akademiknya atau pergi ke pesantren beberapa hari,” kata Idrus.

Kemudian terkait dengan tempat kampus dimana terjadi korban akibat ospek ini, menurutnya pihak kampus tidak perlu mendapatkan hukuman, justru yang harus dihukum adalah mahasiswa yang melakukan tindak kekerasan di dalam ospek itu yang harus di hukum, atau jika perlu dikeluarkan dari kampus. Karena terkadang kegiatan ospek tersebut diadakan tanpa adanya izin dari kampus.

Ospek Memang Pantas Dihapuskan? was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Ospek Memang Pantas Dihapuskan?