Pekan Raya Jakarta Ala Jokowi

PRJPekan raya Jakarta (PRJ) ala Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo telah berhasil diselenggarakan selama tiga hari, dimulai sejak 14 Juni sampai 16 Juni 2013 digelar di kawasan Kompleks Monumen Nasional (Monas). Banyak orang beranggapan bahwa tema Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) yang diusung Jokowi ini merupakan tandingan dari Pekan Raya Jakarta yang biasa dijalankan oleh pemerintah DKI Jakarta.

PPKD ini awalnya dibuat karena dirinya (Jokowi) merasa bahwa konsep PRJ yang biasa dilaksanakan untuk menyambut serta memeriahkan hari ulang tahun kota Jakarta ini dinilai melenceng dari ciri khas yang. PRJ yang biasa dilakukan di JIExpo, Kemayoran ini dirasa kurang merakyat karena pameran-pameran yang ada cenderung menjual belikan barang-barang bermerek dengan harga yang masih relatif mahal.

Seharusnya pekan raya diisi dengan pameran seni budaya atau pemeran-pameran yang mengedepankan kekhasan budaya kota Jakarta sendiri seperti makanan khas, pakaian khas atau parade musik khas Jakarta. Konsep yang telah ditampilkan oleh Jokowi kemarin adalah acaranya diramaikan dengan berbagai acara kesenian dan kebudayaan dari seluruh nusantara serta berbagai pameran produk kreatif hasil para pelaku usaha kecil.

Selain lebih mengangkat budaya kota Jakarta PPKD ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat-masyarakat menengah kebawah untuk ikut merasakan euphoria kemeriahan pesta perayaan ulang tahun Kota Jakarta.

Pasalnya, PRJ yang diadakan di JIExpo ini bisa dibilang lumayan mahal untuk sebagian masyarakat Jakarta. Karena kemeriahan pameran PRJ Kemayoran baru bisa dinikmati oleh masyarakat jika telah membayar tiket masuk seharga Rp25.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada hari libur. Itupun belum termasuk tiket parkir kendaraan serta tiket wahana pemainan anak-anak yang ada didalam PRJ.

Inilah salah satu alasan yang membuat jokowi mengambil tindakan untuk membuat PPKD didaerah kawasan Monas. Karena selain aksesnya yang mudah dijangkau oleh setiap kalangan tiket masuk yang dipasang pun hanya seharga Rp2.000. Tentu saja ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk ikut menikmati perayaan ulang tahun kotanya.

Bisa dibilang acara PPKD ini adalah embrio baru untuk konsep PRJ dimasa yang akan datang. Walaupun begitu, faktanya acara PPKD yang telah berlangsung selama tiga hari tersebut meninggalkan beberapa “pe-er” yang harus dicari solusinya agar acara PRJ merakyat ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya. Beberapa masalah yang terjadi adalah kurangnya lahan parkir, kurangnya penyediaan tempat sampah dan toilet, serta kemacetan yang cukup parah akibat lahan parkir yang terbatas.

 

Pekan Raya Jakarta Ala Jokowi was last modified: June 20th, 2013 by

Gallery of Pekan Raya Jakarta Ala Jokowi