Pembangunan Karakter Anak Dimulai Sejak Dini

anakusiadiniPembangunan karakter pada anak bisa dimulai semenjak anak masih berada pada usia balita. Menurut sebuah sumber disebutkan bahwa perkembangan otak anak dimulai sejak awal kehidupannya. Pada usia 0 – 6 tahun merupakan waktu dimana otak anak sedang berkembang dengan sangat pesatnya. Usia seperti ini biasa disebut dengan usia Golden Age. Mereka menyerap serta menyimpan seluruh informasi yang mereka terima tanpa bisa memilih-milihnya. Pada saat inilah perkembangan fisik, mental dan spritualnya mulai terbangun.

Pada usia Golden Age ini orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakteristik pada anak yang nantinya akan menentukan bagaimana karakter  anak dimasa depan. Menurut teori ‘Tabula Rasa’  anak diibaratkan sebagai kertas kosong yang nantinya perlahan-lahan mulai diisi dengan berbagai gambar atau coretan menggunakan tinta yang berasal dari orang tua sebagai orang terdekatnya. Pola didik orang tua pada usia Golden Age ini akan berpengaruh terhadapa keberhasilan atau kesuksesan anaknya dimasa depan. Orang tualah yang nantinya akan menentukan apakah anak tersebut akan berkembang sebagai pribadi yang semangat, berani atau malah menjadi pribadi yang penakut bahkan pengecut.

Kebiasaan orang tua memberikan hukuman serta tekanan yang berlebihan terhadap anak akan memunculkan karakter negatif pada anak. Misalnya rendah diri, minder, takut untuk bersosialisasi, serta tidak berani mengambil resiko. Karakter-karakter ini yang nantinya akan terus meresap dalam alam bawah sadar anak dan akan mereka bawa hingga dewasa. Sebagai contoh, orang tua melarang anaknya untuk bermain dan memaksa mereka untuk terus belajar agar mendapatkan nilai bagus serta prestasi yang tinggi dikelas. Pemaksaan seperti ini hanya akan membuat anak tertekan dan tidak bisa berkembang secara optimal. Padahal kesuksesan pun tidak diukur melalui seberapa tinggi prastasi anak di kelas tapi seberapa berani anak untuk mengambil resiko serta bertanggung jawab atas setiap keputusan yang akan diambilnya.

Untuk itu, para orang tua perlu mengetahui serta banyak membaca tentang bagaimana cara yang tepat untuk mendidik seorang anak sehingga dapat mengoptimalkan karakter-karakter positif pada diri anak. Pada dasarnya untuk menumbuhkan karakter positif pada anak sehingga bisa menjadi orang yang sukses harus dimulai dengan mengembangkan 3 hubungan dasar manusia (triangle relationship) yaitu hubungan dengan diri sendiri, hubungan dengan lingkungan dan hubungan dengan Tuhan.

Hubungan dengan diri sendiri atau intrapersonal dapat dikembangkan dengan cara membiarkan anak berkembang sesuai dengan bakat dan potensinya dengan memberikan kepercayaan kepada anak dalam pengambilan keputusan akan membiasakan untuk bertanggung jawab dalam setiap keputusannya. Untuk hubungan dengan lingkungan yang perlu dilakukan adalah dengan membiasakan anak untuk selalu bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Kebiasaan seperti ini akan meningkatkan rasa percaya diri pada anak untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga anak tidak tumbuh menjadi anak yang minder dan antisosial. Hubungan dengan Tuhan juga harus dikembangkan untuk menjaga kemampuan spiritual anak sehingga memiliki ketahanan mental yang baik, tidak  mudah depresi dan tidak mudah putus asa.

Pembangunan Karakter Anak Dimulai Sejak Dini was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Pembangunan Karakter Anak Dimulai Sejak Dini