Pembatalan Kemenangan Pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki

alex noerdinPembatalan kemenangan pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018 oleh Mahkamah Konstitusi (MK) berdasarkan kepada pengabulan sebagian gugatan yang diajukan oleh pasangan Herman Deru dan Maphilinda Boer dalam sidang putusan Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU) Kepala Daerah Sumatra Selatan kamis kemarin.

“Mengabulkan permohonan Pemohon untuk sebagian. Membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan Nomor 33/Kpts/KPU.Prov-006/VI/2013 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2013, bertanggal 13 Juni 2013, beserta Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Di Tingkat Provinsi Oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan bertanggal 13 Juni 2013,” ujar Hakim Ketua Akil Mochtar saat membacakan putusan di MK, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Anggota Hakim Konstitusi, Harjono juga memerintahkan KPU Sumatera Selatan untuk mengadakan pengulangan pemungutan suara pada seluruh TPS di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Seluruh TPS di Kota Palembang, Seluruh TPS di Kota Prabumulih, Seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dalam kurun waktu maksimal 90 hari terhitung sejak putusan dibacakan kamis kemarin.

Mahkamah mempercayai adanya kampanye terselubung yang dilakukan oleh pihak terkait atau Gubernur incumbent dengan memanfaatkan dana APBD Sumatera Selatan untuk memenangkan pemilukada di provinsi tersebut. Hal ini dibuktikan dalam persidangan yang menjelaskan adanya pemberian dana hibah dan bantuan sosial yang terkesan tidak wajar menjelang pelaksanaan pemilukada Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2013

“Fakta persidangan membuktikan bahwa memang benar ada aliran dana bantuan sosial yang diberikan oleh Gubernur incumbent kepada masyarakat dan organisasi-organisasi sosial yang diberikan berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 96/KPTS/BPKAD/2013 tentang Penerima Hibah dan Bantuan Sosial Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2013 bertanggal 21 Januari 2013 dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 1.492.704.039.000,” ujarnya.

Pembatalan Kemenangan Pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki was last modified: July 12th, 2013 by

Gallery of Pembatalan Kemenangan Pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki