Peminat Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan Semakin Meningkat

Peminat Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan Semakin Meningkat

Dalam beberapa tahun terakhir, peminat jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hal ini tentu tidak terlepas dari perkembangan industri sumber daya mineral di Indonesia yang cukup signifikan. Selain itu, karyawan yang bekerja di bidang tersebut juga memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para siswa yang baru lulus SMA untuk mendalami bidang ini.

Akhmaloka, Ketua Panitia SNMPTN 2013 saat memberikan keterangan pers terkait SNMPTN 2013 di kampus ITB pada hari Senin (27/5) menunjukkan data program studi atau jurusan berdasarkan  tingkat persaingan. Pada tahun ini, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan merupakan fakultas yang persaingannya paling ketat di ITB. Tingkat keketatan persaingannya mencapai 3,15 persen. Sementara itu di Universitas Hasanuddin, Makasar, persaingan ketat juga terjadi pada program studi Teknik Pertambangan dengan keketatan 1,03 persen.

Ternyata hal tersebut tidak hanya terjadi di ITB dan Unhas saja tetapi juga terjadi di jurusan Teknik Pertambangan di Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan. Hal ini telah terjadi sejak lima tajun terakhir.

“ Jurusan yang paling diminati selain Fakultas Kedokteran saat ini adalah Teknik Pertambangan. Data ini berdasarkan pada pendaftaran SNMPTN dalam 5 tahun terakhir” ucap Zulkifli Dahlan, Ketua Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) Unsri.

Beliau menjelaskan bahwa perkembangan industri dalam bidang sumber daya mineral yang ada di daerahnya, termasuk batu bara, juga turut memicu para lulusan SMA untuk memilih program studi ini. Menurut Zulkifli, tren mulai berubah sejak era 90-an dimana pada saat itu sebagian besar lulusa SMA lebih berminat pada jurusan Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Pada akhir tahun 90an, tren berubah lagi dimana Teknik Elektro lebih diminati.

“Pada pertengahan tahun 2000, Teknik Pertambangan menjadi jurusan terfavorit setelah kedokteran. Tren ini nampaknya masih akan bertahan karena industri pertambangan berkembang di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua,” ucap Zulkifli.

Selain itu, Zulkifli juga mengaku bahwa peningkatan peminat jurusan pertambangan disebabkan karena perguruan tinggi negeri yang menawarkan jurusan ini masih sangat terbatas. Akhirnya para peminat menyerbu perguruan – perguruan yang telah membuka jurusan ini.

Peminat Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan Semakin Meningkat was last modified: May 29th, 2013 by

Gallery of Peminat Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan Semakin Meningkat