Pendidikan Gratis di Indonesia

 

pendidikandiindonesiaKebanyakan orang Indonesia berpikir bahwa solusi terbaik untuk permasalahan pendidikan di Indonesia adalah pendidikan gratis. Karena pendidikan gratis yang diberikan oleh pemerintah akan memudahkan masyarakat yang kurang mampu untuk tetap dapat mengenyam pendidikan walau dalam keadaan kekurangan. Dahulu keadaan finansial masyarakat yang belum mumpuni membuat kebanyakan masyarakat Indonesia menyampingkan masalah pendidikan, mereka akan lebih mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan perut mereka terlebih dahulu dibanding sekolah. Namun sekarang tidak lagi siapapun boleh dan bisa bersekolah.

Namun jika ditelusuri lebih dalam pendidikan gratis tidak selamanya menjadi sebuah solusi terbaik karena faktanya setelah diterapkan pendidikan gratis ini tetap saja ditemukan beberapa masalah baru yang memerlukan penanganan dengan lebih bijak.

Pendidikan gratis untuk SD dan SMP sudah diberlakukan di Indonesia mulai beberapa tahun yang lalu. Kebijakan ini disambut baik oleh masyarakat terlihat dari meningkatnya jumlah pendaftar di beberapa sekolah di Indonesia. Awalnya kebijakan ini memang berjalan sesuai rencana namun semakin hari mulai muncul beberapa kekacauan yang terjadi selama proses pembelajaran. Kekacauan yang dimaksud di sini tidak hanya berasal dari siswa namun juga dari orang tua siswa serta gurunya.

Kekacauan yang sangat terlihat adalah siswa menjadi terlalu santai, tidak menghormati guru dan tidak serius dalam belajar. Mereka jadi menganggap remeh sekolah karena sudah tidak memerlukan biaya lagi. Belum lagi masalah yang berasal dari orang tua siswa. Ketika orang tua siswa tidak lagi dtuntut untuk mengeluarkan uang sebagai biaya pendidikan, mereka menjadi santai dan kurang memikirkan kualitas pendidikan anaknya yang terpenting adalah anaknya sekolah dan mendapatkan ijazah tidak peduli pintar atau tidaknya. Mereka tidak perlu lagi bekerja keras untuk membiayai pendidikan anaknya jadi mereka juga tidak mengambil pusing urusan hasil belajar anaknya. Dapat dilihat dari ketidakpedulian orang tua siswa ketika mengetahui anaknya yang malas mengerjakan tugas atau sering membolos. Mereka hanya menyerahkannya kepada pihak sekolah. Sekolah gratis juga berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mengajar. Sekolah gratis membuat motivasi guru dalam mengajar menjadi menurun dan tidak kreatif. Lalu apa lagi pentingnya pendidikan jika elemen-elemen terpentingnya sudah tidak mempedulikan pendidikan itu sendiri?

 

 

 

 

 

 

Pendidikan Gratis di Indonesia was last modified: May 15th, 2013 by

Gallery of Pendidikan Gratis di Indonesia