winner gelumbang
Menu Click to open Menus
Home » Umum » Penerima BLSM Yang Tidak Tepat Sasaran

Penerima BLSM Yang Tidak Tepat Sasaran

(1130 Views) July 2, 2013 10:29 pm | Published by | No comment

blsmSebenarnya pencabutan subsidi BBM dan mengalihkannya menjadi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) merupakan keputusan yang sangat disayangkan. Karena faktanya pemberian BLSM kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia pada prakteknya masih saja muncul berbagai masalah. Masalah yang timbul setelah hadirnya BLSM ternyata tidak jauh berbeda dengan pendahulunya BLT. Setelah mulai berjalan beberapa waktu yang lalu objek penerima BLSM masih saja tidak tepat sasaran.

Entah sudah berapa banyak pemberitaan yang mengabarkan tentang penerima BLSM yang menggunakan berbagai aksesoris yang tidak sewajarnya dipakai oleh orang yang dianggap miskin. Di Subang Jawa Barat seorang penerima BLSM menggunankan kalung emas dan leontin emas ketika mengantri BLSM. Ketika ditanya wanita yang mengaku bernama Ayu Nurmalasari berumur 30 tahun ini mengatakan bahwa suaminya bekerja di Jakarta dan rasanya keluarganya masih terbilang keluarga yang mampu namun ketika petugas datang dan mendata bahwa keluarganya termasuk kedalam daftar penerima BLSM, Ayu merasa senang-senang saja karena beranggapan bahwa ini memang rezekinya.

Belum lagi berita yang mengatakan bahwa pengantri BLSM di Jatinegara Jakarta Timur kebanyakan mengantri sambil sibuk bermain dengan sebuah ponsel sekelas Blackberry. Entah harga Blackberry yang tergolong murah sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat miskin penerima BLSM ataukah memang pendataan masyarakat penerima BLSM yang tidak jelas.

Melihat dari kedua contoh di atas bisa disimpulkan bahwa kriteria penerima BLSM masih belum sepenuhnya tepat sasaran. Walaupun memang banyak yang benar-benar pantas mendapatkan bantuan namun tidak sedikit juga masyarakat yang tergolong mampu tapi tetap mendapatkan bantuan. sebenarnya kriteria yang bagaimanakah yang bisa disebut miskin?

Pemerintah seharusnya sudah menyiapkan syarat-syarat penerima serta kategori-kategori secara spesifik mengenai para calon penerima BLSM sebelum meluncurkan kebijakan ini. Untuk apa mengeluarkan kebijakan yang masih belum jelas dan hanya mengulang kesalahan yang sama. Mengapa pemerintah tidak berkaca kepada ketidakberhasilan Bantuan Langsung Tunai (BLT) mengurangi tingkat kemiskinan di Indoensia.

Pemerintah terkesan terlalu ngeyel untuk tetap menjalankan kebijakan yang satu ini, Padahal sudah jelas ada contoh ketidakberhasilannya menga juga harus di ulangi? setidaknya jika memang ingin tetap menggunakan metode yang sama maka pemerintah harus menyiapkan teknik pelaksanaan yang berbeda serta lebih teliti berdasarkan evaluasi terhadap kebijakan sebelumnya mengenai BLT sehingga kebijakan yang diterapkan tidak merugikan masyarakat dan Negara.


Kata kunci mesin pencari:

kriteria penerima blsm (15), syarat penerima blsm (13), syarat mendapatkan blsm (11), Syarat BLSM (11), Persaratan untuk menerima BLSM (2), syarat mendapatkan blt (2), syarat-syarat menerima bantuan langsung sementara (1), syarat untuk mendapatkan BLSM (1), syarat penerima blt (1), kriteria atau persyaratan penerima blsm (1), 

Categorised in:

No comment for Penerima BLSM Yang Tidak Tepat Sasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>