Penggunaan Gagdet Berlebihan Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

gadgetSaat ini ponsel, laptop, mp3 player atau computer tablet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia. Gadget-gadget tersebut seolah menjadi teman terdekat untuk kebanyakan orang. Setiap menit, setiap detik bahkan setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia susah terlepas dari benda-benda tersebut.

Tanpa disadari gadget-gadget tersebut memberikan dampak buruk terhadap kesehatan anda. Dilansir dari Daily Mail, Senin (22/7/2013) ada beberapa risiko kesehatan yang akan dialami oleh para pengguna gadget dengan penggunaan berlebihan serta solusi yang bisa diterapkan untuk mencegah risiko tersebut.

Merusak Mata

Menatap layar monitor laptop atau ponsel dalam jangka waktu yang lama akan membuat mata menjadi perih sehingga bisa menyebabkan mata kering dan peradangan bahkan infeksi. Selain itu sebuah penelitian juga menunjukan bahwa para pengguna smartphone akan lebih cepat menggunakan kacamata. Lebih dari itu, ternyata dampaknya akan semakin buruk untuk anak kita. Apalagi untuk anak-anak yang terbiasa menatap layar ponsel sejak kecil akan memiliki kemungkinan yang sangat besar menderita rabun saat dewasa.

Solusi yang bisa diterapkan adalah dengan memperbesar teks pada ponsel dan mengurangi tampilan layar agar tidak terlalu terang. Jangan biarkan anak bermain game di layar ponsel lebih dari setengah jam.  Selain itu, biasakan menggunakan ponsel diruangan yang cukup cahaya dan tidak lebih dari 15 menit.

Menghambat tidur

Gadget-gadget seperti ponsel, tablet, laptop atau computer mengeluarkan cahaya biru yang dapat mengganggu hormon melatonin. Hormone tersebut berguna untuk membantu seseorang untuk tertidur, jika seseorang menatap layar gadget sebelum mereka tidur maka hal tersebut akan menghambat proses tidur.

Solusi yang bisa diterapkan adalah menjaga jarak sekitar 14 inci dari wajah anda ketika menggunakan gadget. Selain itu, redupkan kecerahan layar ponsel anda. Jika memungkinkan sebaiknya letakkan ponsel jauh dari tempat tidur anda, hal ini bisa mengurangi potensi terhambatnya proses tidur.
Merusak hubungan

Jangan salah, ternyata selain bisa memudahkan komunikasi dengan pasangan, gadget juga bisa merusak sebuah hubungan loh. Seorang psikolog dari University of Bedfordshire, Dr Emma Short menjelaskan bahwa ketika berbicara ditelepon kita tidak bisa memberikan perhatian secara penuh terhadap pasangan. Selain itu, ketergantungan terhadap jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dapat berdampak berkurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar seperti pasangan, keluarga, atau teman anda.

Solusi yang bisa diterapkan adalah dengan tidak menggunakan gadget terutama ponsel ketika sedang berkumpul bersama pasangan, keluarga atau teman anda.

Penggunaan Gagdet Berlebihan Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan was last modified: July 23rd, 2013 by

Gallery of Penggunaan Gagdet Berlebihan Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan