Penggunaan Handuk Yang Baik

handukSeberapa sering anda mencuci handuk dalam sebulan? 4 kali? 2 kali? Atau kurang dari itu? Kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak terlalu memperdulikan kebersihan handuk tanpa sadar sangat memperngaruhi kesehatan tubuh terutama kesehatan kulit.

Sadarkah anda handuk merupakan tempat paling nyaman kuman dan bakteri untuk berkembang biak? Kebiasaan masyarakat Indonesia yang mandi minimal dua kali dalam sehari, berarti minimal dalam satu hari handuk digunakan dua kali. Bahkan karena faktor iklim di Indonesia yang tropis bisa jadi penggunaan handuk menjadi lebih dari dua kali dalam sehari.

Semakin sering penggunaan handuk berarti semakin banyak jumah bakteri dan kuman yang berpindah dari tubuh ke handuk. Lalu apa jadinya jika handuk yang dipenuhi kuman dan bakteri tersebut digunakan dalam kurun waktu yang lama, sedangkan dalam 20 menit saja bakteri dan kuman didalam handuk dapat berkembang berkali-kali lipat.

Sebaiknya handuk dicuci minimal 3 hari sekali untuk mencegah perkembang biakan kuman dan bakteri. Jika anda  malas menjaga kebersihan handuk yang anda gunakan maka jangan heran jika tiba-tiba anda terserang penyakit kulit seperti, panu, scabies (buduk) dll. Kurangnya kesadaran serta pengetahuan mengenai bagaimana pemakaian handuk yang baik merupakan penyebab masalah ini. Untuk itu kali ini gelumbang.com akan berbagi tips bagaimana cara penggunaan handuk yang baik:

  1. Jemurlah handuk yang sudah digunakan di bawah terik matahari agar kuman yang menempel pada handuk mati.
  2. Pastikan saat menggunakannya kembali handuk sudah dalam keadaan kering, karena jika handuk digunakan dalam kondisi basah maka akan memicu pertumbuhan jamur dikulit.
  3. Sebaiknya cucilah handuk tiap tiga hari sekali untuk mencegah perkembang biakan bakteri.
  4. Saat mencuci handuk hendaknya handuk dipisahkan dari pakaian yang lain kemudian rendamlah handuk lebih dahulu didalam air hangat yang sudah diberi detergen selama 30 menit.
  5. Saat menggunakan handuk baru sebaiknya tetap dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.

Menjaga kebersihan handuk bisa menjauhkan kita dari berbagai macam jenis penyakit kulit dan akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bersih.

Penggunaan Handuk Yang Baik was last modified: July 7th, 2013 by

Gallery of Penggunaan Handuk Yang Baik